Penerapan model student teams achievement division berbantuan media popudusuntuk meningkatkan hasil belajar tema 4 pada siswa kelas iv
Main Author: | LAYYINA, HILWA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/13066/1/Halaman%20Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/13066/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/13066/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/13066/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/13066/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/13066/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/13066/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/13066/8/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/13066/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan guru melalui model Student Teams Achievement Division berbantuan media Popudus Tema 4 pada siswa kelas IV. Model pembelajaran Student Teams Achievement Division adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa adanya perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya, dan mengandung unsur permainan dan reinforcement. Sedangkan POPUDUS adalah singkatan dari “POP UP Kudus”. Dalam permainan inimengaitkan pembelajaranya dengan materi berbagai pekerjaan dengan kearifan lokal atau budaya yang ada di Kudus. Sehingga siswa dalam pembelajaran ini tidak hanya mengetahui materi berbagi pekerjaan melainkan juga mengetahui apa itu kearifan lokal yang ada di Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu meliputi: Perencanaan, Tindakan, Observasi, Refleksi. Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD 2 Mlati Lor dengan subyek penelitian 20 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, ada empat yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terjadi peningkatan aspek sikap, keterampilan siswa dan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada kelas IV SD 2 Mlati Lor tema 4 Berbagai Pekerjaan. Peningkatan aspek sikap pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 76 (Cukup) dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata79(Cukup). Hasil Keterampilan siswa juga mengalami peningkaan pada siklus I 77,125 (Baik) dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 77,775 (Baik).Tidak hanya keterampilan siswa, keterampilan guru juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar memperoleh nilai rata-rata 70 (Baik) dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 79 (Baik). Hasil belajar siswa dari prasiklus pada muatan IPS sebesar 30% (Sedang), kemudian setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 60% (Tinggi), dan mingkat pada siklus II dengan persentase ketentuntasa klasikal 85% (Sangat Tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakan di kelas V SD 2 Mlati Lor, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student Teams Achievement Division berbantuan media “POPUDUS” dapat meningkatkan hasil belajar tema 4 pada siswa kelas IV SD 2 Mlati Lor.