Peningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran mind mapping berbantuan kartu misteri pada materi sifat-sifat operasi hitung Bilangan bulat kelas v di sd 3 jepang
Main Author: | VIRGIN, NOVELA SIMPATIKA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/13049/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/13049/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/13049/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/13049/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/13049/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/13049/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/13049/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/13049/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/13049/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan berpikir kritis, aktivitas siswa dan keterampilan mengajar guru melalui model mind mapping pada materi sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat kelas V berbantuan kartu misteri di SD 3 Jepang. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, oleh karena itu perlu adanya suatu penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas siswa melalui penerapan model mind mappingberbantuan media kartu misteri. Mind Mapping tak lepas dari aktivitas siswa dan langkah-langkah model pembelajaran Mind Mapping adalah berkelompok, setiap perwakilan kelompok akan maju ke depan dan mengambil kotak misteri yang disiapkan, siswa berdiskusi mengerjakan soal yang terdapat pada kartu misteri yang telah diterimanya, siswa dan guru membandingkan dan mengkaji jawaban yang tepat dan logis. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 3 Jepang dengan subjek penelitian adalah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan non tes. Teknik non tes terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen tes divalidasi dengan menggunakan expert judgment kemudian diuji validitasnya menggunakan product moment yang selanjutnya diuji reliabilitasnya mengunakan rumus alpha. Analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunaan Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Hasil prasiklus siswa pada kemampuan berpikir kritis mencapai (55%), siklus I (74,44%), dan siklus II (85,18%) didukung dengan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan skor rata-rata klasikal sebesar 76,08 dan siklus II 88,17 Keterampilan guru meningkat cukup signifikan antara hasil siklus I skor rata-rata 73,04 dan siklus II 78,3. Simpulan dalam penelitian ini yaitu pengunaan model mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada Kelas V SD 3 Jepang.