Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk Mendiskripsikan peningkatan percaya diri siswa melalui model GI (Group Investigation) berbantuan media Short Card dan keterampilan mengajar guru pada Tema Indahnya Kebersamaaan Kelas IV SD 5 Jepang. Percaya diri adalah sikap percaya terhadap diri sendiri yang dimiliki oleh masing-masing individu terhadap kemampuan yang dimilikinya. Model GI (Group Investigation) merupakan suatu model pembelajaran yang memfokuskan atau mempusatkan kegiatan pembelajaan pada siswa. Media Short Card merupakan media dua dimensi yang berbentuk visual yang nantinya akan menjadi alat bagi siswa untuk mengikatkan kemampuan percaya diri. Materi dalam subtema Keberagaman Budaya Bangsaku muatan IPS dan PPKn adalah tentang berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan, dan keberagaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama. Hipotesis dalam penelitian ini adalah tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model GI (Group Investigation) dapat meningkatkan percaya diri siswa dan keterampilan guru kelas IV SD 5 Jepang. Penelitian tindakan kelas dilaksankan pada kelas IV SD 5 Jepang dengan subjek penelitian 28 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model GI (Group Investigation). Sedangkan variabel terikatnya yaitu percaya diri siswa dan keterampilan guru. Intrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan percaya diri siswa pada muatan IPS dan PPKn yang cukup signifikan antara siklus I (67,41%) dan siklus II (86,3%). Keterampilan guru juga mengalami peningkatan pada siklus I 74 menjadi 89,50. Hal itu membuktikan bahwa penerapan model GI (Group Investigation) berbantuan media Short Card dapat meningkatkan percaya diri siswa dan keterampilan mengajar guru kelas IV SD 5 Jepang. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada kelas IV SD 5 Jepang dapat disimpulkan bahwa penerapan model GI (Group Investigation) berbantuan media Short Card dapat meningkatkan percaya diri siswa dan keterampilan mengajar guru pada tema 1 subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Peneliti memberikan saran agar model GI (Group Investigation) dapat diterapkan dalam pembelajaran dan dikembangkan dengan menggunakan alat peraga sesuai dengan materi sehingga siswa dengan mudah menyerap materi dan percaya dirinya bisa meningkat.