Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menemukan peningkatan keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran scramble berbantu media Kokami dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku kelas IV SD 3 Jepang. Hasil Belajar merupakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah diberi pengajaran, di mana kemampuan tersebut dapat dilihat dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa saat proses pembelajaran. Scrambleadalah suatu model pembelajaran berkelompok yang berisi permainan mengerjakan soal dengan merangkai jawaban. Langkah-langkah model pembelajaran scramble adalah siswa berkelompok, siswa mengambil amplop dari kotak misteri, siswa berdiskusi mengerjakan soal, siswa dan guru mengkaji jawaban yang tepat dan logis. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah model Scrambleberbantu media Kokami dapat meningkatkan keterampilan guru dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD 3 Jepang pada pembelajaran IPS dan Bahasa Indonesia. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 3 Jepang dengan subjek penelitian adalah 27 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Scrambledan media Kokami. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini mengalami peningkatan pada setiap siklusnya.Keterampilan guru mengalami peningkatan dari pada siklus I 69,38% pada siklus II menjadi 83,75%. Hasil belajar siswa ranah pengetahuan mengalami peningkatan dari siklus I pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia siklus I 51,85% pada siklus II naik menjadi 77,78%. Dan pada muatan pelajaran IPS mengalami kenaikan dari siklus I 59,26%siklus II naik menjadi 85,19%. Sedangkan hasil belajar ranah keterampilan pada mata pelajaran IPS mengalami kenaikan dari siklus I 37% siklus II naik menjadi 88,89%. Pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia juga mengalami kenaikan dari siklus I 29,63% pada siklus II menjadi 92,59%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 3 Jepang dapat disimpulkan bahwa penggunaan model scramble berbantu media Kokami dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada tema 8 daerah tempat tinggalku kelas IV SD 3 Jepang.