Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia pada tema benda-benda disekitar kita melalui model Jigsaw berbantuan media Pop Up. Hasil belajar adalah perubahan perilaku seseorang. Jigsaw merupakan suatu model pembelajaran yang menitikberatkan pada belajar kelompok yang dibagi dalam kelompok asal dan kelompok ahli.Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa tema benda-benda disekitar kita kelas V SD 2 Gondangmanis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart dalam dua siklus. Dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian guru dan siswa kelas V SD 2 Gondangmanis Kabupaten Kudus dengan jumlah 21 siswa. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas yakni model Jigsaw berbantuan media pop up, sedangkan varibel terikat yakni hasil belajar siswa kelas V SD 2 Gondangmanis Kabupaten Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan model pembelajaran Jigsaw berbantuan media Pop Up dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari presentase 75,83% menjadi 83,33%. Hasil belajar ranah kognitif muatan IPS mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari presentase 52% menjadi 85,71%. Sedangkan untuk muatan Bahasa Indonesia dari presentase 71,47% menjadi 90,7%. Hasil belajar ranah keterampilan muatan IPS juga mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II yaitu dari presentase 73,09% menjadi 88,80% sedangkan untuk muatan Bahasa Indonesia yaitu dari presentase 75,23% meningkat 90%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw berbantuan media Pop Up dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar ranah kognitif dan hasil belajar ranah keterampilan pada tema benda-benda disekitar kita muatan IPS dan Bahasa Indonesia kelas V SD 2 Gondangmanis Bae Kudus. Saran yang diberikan yaitu guru memberikan remidi pada siswa yang belum tuntas dan siswa lebih banyak berlatih.