Penerapan model problem based learning untuk peningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa berbantuan media problem box pada tema Daerah tempat tinggalku kelas iv Siswa sd 4 jekulo

Main Author: Wulandari, Desti
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/12957/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12957/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12957/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12957/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12957/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12957/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12957/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12957/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12957/
Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswadanketerampilan guru setelahditerapkan model pembelajaranProblem Based Learning berbantuan media Problem Box padakelas IV SD 4 Jekulo Kudus. Berpikirkritisadalahsuatukemampuanberpikirsecaramendalamtentangpenalaran yang logis, keterampilanmenemukan, menjelaskan, menyimpulkanpengetahuandanmelakukantindakan.PBL merupakansuatu model pembelajaran yang melatihsiswamengembangkankemampuannyadalammenyelesaikandanmemecahkanmasalah yang merangsangsiswauntukberpikirtingkattinggi.Problem Box merupakan media pembelajaran yang melatihsiswamemecahkanmasalahbersama.Hipotesistindakandalampenelitianiniadalahpeningkatankemampuanberpikirkritismelalui model Problem Based Learning berbantu media Problem Box padakelas IV SD 4 Jekulo Kudus. Penelitiantindakankelasinidilaksanakan di kelas IV SD 4 Jekulo Kudus dengansubjekpenelitian 34 siswa.Penelitianberlangsung 2 siklus yang menggunakandesain PTK dariKemmisdan Mc. Taggart.Setiapsiklusterdiridari 4 tahapyakniperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebaspenelitianiniadalah model Problem Based Learning, variabelterikatnyaadalahberpikirkritissiswa. Metodepengumpulan data yaituwawancara, observasidandokumentasi.Instrumendalampenelitianiniadalahlembarwawancara, pedomanobservasi, dantes.Analisis data berupa data kuantitatifdan data kualitatif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaan PBL berbantuanProblem Box dapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswadanketerampilan guru.Hal inidilihatdaritercapainyaindikatorkeberhasilansebagaiberikut. (1) berpikirkritis, ketuntasanklasikalsiswaprasiklussebesar 47% dengan rata-rata 71, meningkatpadasiklus I menjadi 72% dengan rata-rata 78,73, danpadasiklus II meningkatmenjadi 84% dengan rata-rata 83,82. (2) keterampilan guru padasiklus I memperolehskor rata-rata 80,5% (Baik), meningkatpadasiklus II menjadi 85,5% (SangatBaik). SimpulandaripenelitianiniadalahpenerapanProblem Based Learning berbantuanProblem Box dapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelas IV danketerampilan guru SD 4 Jekulo Kudus.Saran dalampenelitianini, siswahendaknyaaktifdalammengikutipembelajaran. Guru hendaknyamenggunakan model pembelajaran yang variatif.