ctrlnum 12930
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/12930/</relation><title>Pengembangan model pembelajaran mind mapping berbasis kearifan lokal gusjigang pada siswa &#xD; Kelas iv sekolah dasar di kudus</title><creator>Sofyan, Ivan Ahmad</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Mind Mapping berbasis Kearifan Lokal Gusjigang pada siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kudus, serta menguji model yang dikembangkan apakah lebih efektif dari yang sebelumnya.Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau (R&amp;D) yang telah disederhanakan menjadi 8 langkah, yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) perbaikan desain; (6) ujicoba produk; (7) revisi produk; (8) ujicoba pemakaian. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan di tiga Sekolah Dasar di kecamatan Gebog, Kota, dan Kaliwungu Kabupaten Kudus di kelas IV tahun pelajaran 2019/2020. Pengembangan model pembelajaran Mind Mapping berbasis kearifan lokal Gusjigang menghasilkan beberapa komponen di antaranya: 1) sintak model pembelajaran mind mapping berbasis Gusjigang; 2) sistem sosial; 3) Prinsip reaksi; 4) Sistem pendukung; 5) Dampak instruksional dan dampak pengiring. Model juga dilengkapi dengan buku panduan model pembelajaran mind mapping berbasis kearifan lokal Gusjigang. &#xD; Hasil uji efektivitas menggunakan PTK, menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar di aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 1) Aspek sikap, SD 1 Gribig siklus I 86% meningkat 91% di siklus II, SDIT Lukman Hakim siklus I 84% meningkat 91% di siklus II. SD 1 Gamong siklus I 83% meningkat di siklus II 89%. 2) Aspek Pengetahuan, SD 1 Gribig pelajaran PPKn di siklus I 84% meningkat di siklus II 100%, bahasa Indonesia siklus I 79% meningkat di siklus II 92%. SDIT Lukman Hakim pelajaran PPKn di siklus I 83% meningkat di siklus II 100%, bahasa Indonesia siklus I 78% meningkat di siklus II 91%. SD 1 Gamong pelajaran PPKn di siklus I 82% meningkat di siklus II 100%, sedangkan bahasa Indonesia siklus I 76% meningkat di siklus II 88%. 3) Aspek keterampilan,SDIT Lukman Hakim pelajaran PPKn siklus I 84 meningkat di siklus II 86, bahasa Indonesia siklus I 82 meningkat di siklus II 87. SD 1 Gribig siklus I pelajaran PPKn 82 meningkat di siklus II 85, bahasa Indonesia siklus I 81 meningkat di siklus II 84. SD 1 Gamong pelajaran PPKn siklus I 82 meningkat di siklus II 83, bahasa Indonesia siklus I 81 meningkat di siklus II 82.&#xD; Melalui pengembangan model pembelajaran Mind Mapping berbasis kearifan lokal Gusjigang diharapkan bermanfaat bagi guru untuk ikut serta merancang dan melaksanakan pembelajaran yang menarik dan dekat dengan lingkungan siswa. Disamping itu juga bermanfaat bagi siswa untuk meningkatkan hasil belajar karena pembelajaran yang didapat lebih bermakna.</description><date>2019-08</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12930/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12930/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12930/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12930/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12930/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12930/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12930/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12930/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12930/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Sofyan, Ivan Ahmad (2019) Pengembangan model pembelajaran mind mapping berbasis kearifan lokal gusjigang pada siswa Kelas iv sekolah dasar di kudus. Master thesis, UMK. </identifier><recordID>12930</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sofyan, Ivan Ahmad
title Pengembangan model pembelajaran mind mapping berbasis kearifan lokal gusjigang pada siswa Kelas iv sekolah dasar di kudus
publishDate 2019
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/12930/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12930/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12930/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12930/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12930/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12930/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12930/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12930/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12930/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12930/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Mind Mapping berbasis Kearifan Lokal Gusjigang pada siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kudus, serta menguji model yang dikembangkan apakah lebih efektif dari yang sebelumnya.Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau (R&D) yang telah disederhanakan menjadi 8 langkah, yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) perbaikan desain; (6) ujicoba produk; (7) revisi produk; (8) ujicoba pemakaian. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan di tiga Sekolah Dasar di kecamatan Gebog, Kota, dan Kaliwungu Kabupaten Kudus di kelas IV tahun pelajaran 2019/2020. Pengembangan model pembelajaran Mind Mapping berbasis kearifan lokal Gusjigang menghasilkan beberapa komponen di antaranya: 1) sintak model pembelajaran mind mapping berbasis Gusjigang; 2) sistem sosial; 3) Prinsip reaksi; 4) Sistem pendukung; 5) Dampak instruksional dan dampak pengiring. Model juga dilengkapi dengan buku panduan model pembelajaran mind mapping berbasis kearifan lokal Gusjigang. Hasil uji efektivitas menggunakan PTK, menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar di aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 1) Aspek sikap, SD 1 Gribig siklus I 86% meningkat 91% di siklus II, SDIT Lukman Hakim siklus I 84% meningkat 91% di siklus II. SD 1 Gamong siklus I 83% meningkat di siklus II 89%. 2) Aspek Pengetahuan, SD 1 Gribig pelajaran PPKn di siklus I 84% meningkat di siklus II 100%, bahasa Indonesia siklus I 79% meningkat di siklus II 92%. SDIT Lukman Hakim pelajaran PPKn di siklus I 83% meningkat di siklus II 100%, bahasa Indonesia siklus I 78% meningkat di siklus II 91%. SD 1 Gamong pelajaran PPKn di siklus I 82% meningkat di siklus II 100%, sedangkan bahasa Indonesia siklus I 76% meningkat di siklus II 88%. 3) Aspek keterampilan,SDIT Lukman Hakim pelajaran PPKn siklus I 84 meningkat di siklus II 86, bahasa Indonesia siklus I 82 meningkat di siklus II 87. SD 1 Gribig siklus I pelajaran PPKn 82 meningkat di siklus II 85, bahasa Indonesia siklus I 81 meningkat di siklus II 84. SD 1 Gamong pelajaran PPKn siklus I 82 meningkat di siklus II 83, bahasa Indonesia siklus I 81 meningkat di siklus II 82. Melalui pengembangan model pembelajaran Mind Mapping berbasis kearifan lokal Gusjigang diharapkan bermanfaat bagi guru untuk ikut serta merancang dan melaksanakan pembelajaran yang menarik dan dekat dengan lingkungan siswa. Disamping itu juga bermanfaat bagi siswa untuk meningkatkan hasil belajar karena pembelajaran yang didapat lebih bermakna.
id IOS3090.12930
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2020-11-12T14:36:27Z
last_indexed 2023-02-26T07:09:34Z
recordtype dc
_version_ 1765996420262789120
score 17.13294