ctrlnum 12902
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/12902/</relation><title>Penerapan model problem solving berbantuan &#xD; Kantong soal untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas iii di sdn 1 tigajuru</title><creator>Octavianingsih, Endah Ayu</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Pendidikan dengan kualitas baik adalah cita-cita bangsa Indonesia untuk menyiapkan manusia yang berkualitas, dengan penerapan kurikulum baru di era sekarang ini diharapkan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, aktif, kreatif, dan kritis. Fakta yang didapatkan berdasarkan observasi di lapangan: 1) pembelajaran masih menggunakan model konvensional; 2) aktivitas belajar siwa masih kurang; 3) rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan problem solving berbantuan Kantong Soal; (2) mendeskripsikan seberapa besar peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan problem solving berbantuan Kantong Soal; (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan problem solving berbantuan Kantong Soal.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas III SDN 1 Tigajuru dengan subjek penelitian 25 siswa dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus terdiri dari 4 tahapan diantaranya: (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model problem solving. Variabel terikat pada penelitian ini adalah berpikir kritis, aktivitas belajar dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara untuk memperoleh data awal, tes untuk memperoleh data nilai siswa, observasi untuk memperoleh aktivitas belajar siswa dan keterampilan dasar mengajar guru dan dokumentasi untuk mendapatkan data mentah saat penelitian. Analisis data yang digunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.&#xD; Penelitian Tindakan Kelas menunjukkan bahwa dengan penerapan model problem solving berbantuan media Kantong soal dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 7 kelas III di SDN 1 Tigajuru. Hal tersebut dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut: 1) keterampilan mengajar guru meningkat pada setiap siklusnya dengan memperoleh nilai siklus I sebesar 64% meningkat pada siklus II sebesar 75%; 2) peningkatan aktivitas belajar siswa dengan perolehan nilai pada awal prasiklus yaitu 48,02, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 60,92 hingga pada akhir siklus II memperoleh nilai 76,90; 3) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan perolehan nilai pada awal prasiklus yaitu 57,68 kemudian meningkat pada siklus I sebesar 61,32 hingga akhir siklus II memperoleh nilai 75,96.</description><date>2019</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12902/1/HAL%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12902/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12902/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12902/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12902/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12902/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12902/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12902/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Octavianingsih, Endah Ayu (2019) Penerapan model problem solving berbantuan Kantong soal untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas iii di sdn 1 tigajuru. Sarjana thesis, UMK. </identifier><recordID>12902</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Octavianingsih, Endah Ayu
title Penerapan model problem solving berbantuan Kantong soal untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas iii di sdn 1 tigajuru
publishDate 2019
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/12902/1/HAL%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12902/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12902/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12902/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12902/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12902/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12902/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12902/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12902/
contents Pendidikan dengan kualitas baik adalah cita-cita bangsa Indonesia untuk menyiapkan manusia yang berkualitas, dengan penerapan kurikulum baru di era sekarang ini diharapkan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, aktif, kreatif, dan kritis. Fakta yang didapatkan berdasarkan observasi di lapangan: 1) pembelajaran masih menggunakan model konvensional; 2) aktivitas belajar siwa masih kurang; 3) rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan problem solving berbantuan Kantong Soal; (2) mendeskripsikan seberapa besar peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan problem solving berbantuan Kantong Soal; (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan problem solving berbantuan Kantong Soal. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas III SDN 1 Tigajuru dengan subjek penelitian 25 siswa dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus terdiri dari 4 tahapan diantaranya: (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model problem solving. Variabel terikat pada penelitian ini adalah berpikir kritis, aktivitas belajar dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara untuk memperoleh data awal, tes untuk memperoleh data nilai siswa, observasi untuk memperoleh aktivitas belajar siswa dan keterampilan dasar mengajar guru dan dokumentasi untuk mendapatkan data mentah saat penelitian. Analisis data yang digunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas menunjukkan bahwa dengan penerapan model problem solving berbantuan media Kantong soal dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 7 kelas III di SDN 1 Tigajuru. Hal tersebut dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut: 1) keterampilan mengajar guru meningkat pada setiap siklusnya dengan memperoleh nilai siklus I sebesar 64% meningkat pada siklus II sebesar 75%; 2) peningkatan aktivitas belajar siswa dengan perolehan nilai pada awal prasiklus yaitu 48,02, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 60,92 hingga pada akhir siklus II memperoleh nilai 76,90; 3) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan perolehan nilai pada awal prasiklus yaitu 57,68 kemudian meningkat pada siklus I sebesar 61,32 hingga akhir siklus II memperoleh nilai 75,96.
id IOS3090.12902
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2020-11-12T14:36:26Z
last_indexed 2020-11-12T14:36:26Z
recordtype dc
_version_ 1765996420193583104
score 17.13294