ctrlnum 12850
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/12850/</relation><title>The ability of writing descriptive text of the seventh grade students of mts nu miftahul falah cendono dawe kudus taught by using video clip in academic year 2019/2020</title><creator>PRAMAISELA, DIAN NOVA</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Dalam Bahasa Inggris ada empat kemampuan yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Murid-murid harus menguasai keempat kemampuan tersebut, jadi mereka dapat berbahasa Inggris secara aktif. Sebagai salah satu kemampuan dalam Bahasa Inggris, Menulis merupakan salah satu kompetensi dalam proses pembelajaran terutama bahasa inggris. Pengajaran menulis harus mencapai tujuan kurikulum, yang mana siswa mampu menulis menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, mengajar berbahasa Inggris agak sulit daripada keterampilan lainnya karena siswa sering merasa takut membuat kesalahan untuk menulis. Kondisi ini terjadi di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Mengingat hal tersebut, guru bahasa inggris harus menerapkan media yang tepat. Oleh karena itu, guru bahasa inggris harus menggunakan media yang tepat untuk melatih siswa sehingga mereka mampu menulis bahasa inggris secara aktif. Menggunakan video clip sebagai media dalam proses belajar mengajar diharap dapat merangsang minat siswa dalam kebiasaan menulis dan dapat membantu siswa untuk mengembangkan kemampuannya dalam hal menulis.&#xD; Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis menggunakan video klip. Penelitian ini akan memberikan beberapa informasi yang bermanfaat tentang pengajaran menulis menggunakan video akan menjadi lebih menarik bagi siswa untuk menulis dengan menggunakan bahasa tubuh.&#xD; Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian eksperimental. Penulis melakukan penelitian sebelum meneliti untuk memecahkan masalah penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. Penulishan yang ambil satu kelas (VII H) dengan memilihnya secara acak. Alat penelitian yang digunakan oleh penulis adalah pre dan post test dengan format tes menulis. Kemudian, penulis mengidentifikasi dan menganalisis dengan teliti, secara komplit dan secara sistematis berdasarkan perhitungan statistik untuk mendapatkan hasil yang baik.&#xD; Data analisis menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks deskriptif untuk murid kelas tujuh MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus sebelum diajar menggunakan media video klip dikategorikan rendah, skor minimum adalah 50, skor maksimum adalah 92, dengan nilai rata-rata 65, dan standard deviasi 11.129. Sementara itu, kemampuan menulis teks deskriptif untuk murid kelas tujuh MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus setelah diajar menggunakan media video klip dikategorikan sangat baik, skor minimum adalah 65, skor maksimum adalah 98, dengan nilai rata-rata 86.25, dan standard deviasi 8.588. Oleh Karena itu, nilai rata-rata kemampuan menulis teks deskriptif untuk murid kelas tujuh MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus setelah diajar menggunakan media video klip lebih tinggi daripada kemampuan menulis teks deskriptif untuk murid kelas tujuh MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus sebelum diajar menggunakan media video klip.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian diatas, diharapkan para guru Bahasa Inggris harus menentukan media yang bagus untuk menarik minat siswa dalam belajar. Penulis menyarankan media video klip sebagai salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif untuk murid kelas tujuh MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Karena media video klip dapat membantu siswa untuk mendapatkan ide-ide.</description><date>2019-09</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12850/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12850/2/CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12850/3/CHAPTER%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12850/4/CHAPTER%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12850/5/CHAPTER%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12850/6/CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12850/7/CHAPTER%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12850/8/REFERENCES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12850/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> PRAMAISELA, DIAN NOVA (2019) The ability of writing descriptive text of the seventh grade students of mts nu miftahul falah cendono dawe kudus taught by using video clip in academic year 2019/2020. Sarjana thesis, UMK. </identifier><recordID>12850</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author PRAMAISELA, DIAN NOVA
title The ability of writing descriptive text of the seventh grade students of mts nu miftahul falah cendono dawe kudus taught by using video clip in academic year 2019/2020
publishDate 2019
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/12850/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12850/2/CHAPTER%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12850/3/CHAPTER%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12850/4/CHAPTER%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12850/5/CHAPTER%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12850/6/CHAPTER%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12850/7/CHAPTER%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12850/8/REFERENCES.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12850/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12850/
contents Dalam Bahasa Inggris ada empat kemampuan yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Murid-murid harus menguasai keempat kemampuan tersebut, jadi mereka dapat berbahasa Inggris secara aktif. Sebagai salah satu kemampuan dalam Bahasa Inggris, Menulis merupakan salah satu kompetensi dalam proses pembelajaran terutama bahasa inggris. Pengajaran menulis harus mencapai tujuan kurikulum, yang mana siswa mampu menulis menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, mengajar berbahasa Inggris agak sulit daripada keterampilan lainnya karena siswa sering merasa takut membuat kesalahan untuk menulis. Kondisi ini terjadi di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Mengingat hal tersebut, guru bahasa inggris harus menerapkan media yang tepat. Oleh karena itu, guru bahasa inggris harus menggunakan media yang tepat untuk melatih siswa sehingga mereka mampu menulis bahasa inggris secara aktif. Menggunakan video clip sebagai media dalam proses belajar mengajar diharap dapat merangsang minat siswa dalam kebiasaan menulis dan dapat membantu siswa untuk mengembangkan kemampuannya dalam hal menulis. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis menggunakan video klip. Penelitian ini akan memberikan beberapa informasi yang bermanfaat tentang pengajaran menulis menggunakan video akan menjadi lebih menarik bagi siswa untuk menulis dengan menggunakan bahasa tubuh. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian eksperimental. Penulis melakukan penelitian sebelum meneliti untuk memecahkan masalah penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. Penulishan yang ambil satu kelas (VII H) dengan memilihnya secara acak. Alat penelitian yang digunakan oleh penulis adalah pre dan post test dengan format tes menulis. Kemudian, penulis mengidentifikasi dan menganalisis dengan teliti, secara komplit dan secara sistematis berdasarkan perhitungan statistik untuk mendapatkan hasil yang baik. Data analisis menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks deskriptif untuk murid kelas tujuh MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus sebelum diajar menggunakan media video klip dikategorikan rendah, skor minimum adalah 50, skor maksimum adalah 92, dengan nilai rata-rata 65, dan standard deviasi 11.129. Sementara itu, kemampuan menulis teks deskriptif untuk murid kelas tujuh MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus setelah diajar menggunakan media video klip dikategorikan sangat baik, skor minimum adalah 65, skor maksimum adalah 98, dengan nilai rata-rata 86.25, dan standard deviasi 8.588. Oleh Karena itu, nilai rata-rata kemampuan menulis teks deskriptif untuk murid kelas tujuh MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus setelah diajar menggunakan media video klip lebih tinggi daripada kemampuan menulis teks deskriptif untuk murid kelas tujuh MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus sebelum diajar menggunakan media video klip. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diharapkan para guru Bahasa Inggris harus menentukan media yang bagus untuk menarik minat siswa dalam belajar. Penulis menyarankan media video klip sebagai salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif untuk murid kelas tujuh MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Karena media video klip dapat membantu siswa untuk mendapatkan ide-ide.
id IOS3090.12850
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2020-11-12T14:36:26Z
last_indexed 2020-11-12T14:36:26Z
recordtype dc
_version_ 1765996419759472640
score 17.13294