ctrlnum 12845
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/12845/</relation><title>Penerapan model open ended berbantuan media patik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan&#xD; masalah matematis siswa kelas iv</title><creator>SAPUTRI, ARISTIKA ANDRIANA</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran matematika yang dilakukan masih bersifat konvensional, yakni pada saat pembelajaran tidak menggunakan model dan media yang tepat. Sehingga siswamerasa kesulitan dan tidak aktif pada saat pembelajaran matematika, hal tersebut menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis. Hal ini dapat dilihat dari hasil prasiklus siswa kelas IV A SD 1 Pasuruhan Kidul. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru dalam memecahkan masalah materi luas dan keliling bangun datar melalui model Open Ended berbantuan media patik.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV A SD 1 Pasuruhan Kidul Kudus dengan subjek penelitian sebanyak 17 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Open Ended berbantuan media patik. Sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematis, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. &#xD; Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Open Ended berbantuan media patik meningkat pada setiap siklusnya (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal 76,47% dengan predikat baik menjadi 82,35% dengan predikat baik pada siklus II, (2) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan nilai pada siklus I 73,4 dengan predikat cukup menjadi 77,2 dengan predikat baik pada siklus II, (3) persentase keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan dengan persentase 70,85% dengan kriteria baik pada siklus I dan 77,09% dengan kriteria baik paa siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas IV A SD 1 Pasuruhan Kidul dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Open Ended berbantuan media patik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru dalam proses belajar mengajar. Guru hendaknyamampu mengkondisikan siswa untuk berkelompok pada saat diskusi dan melakukan remidial serta pengayaan sesudah melakukan tes evaluasi dalam pembelajaran dengan model open ended berbantuan media patik.</description><date>2019</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12845/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12845/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12845/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12845/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12845/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12845/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12845/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12845/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12845/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SAPUTRI, ARISTIKA ANDRIANA (2019) Penerapan model open ended berbantuan media patik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas iv. Sarjana thesis, UMK. </identifier><recordID>12845</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SAPUTRI, ARISTIKA ANDRIANA
title Penerapan model open ended berbantuan media patik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas iv
publishDate 2019
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/12845/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12845/2/ABSTRAK.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12845/3/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12845/4/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12845/5/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12845/6/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12845/7/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12845/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12845/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12845/
contents Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran matematika yang dilakukan masih bersifat konvensional, yakni pada saat pembelajaran tidak menggunakan model dan media yang tepat. Sehingga siswamerasa kesulitan dan tidak aktif pada saat pembelajaran matematika, hal tersebut menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis. Hal ini dapat dilihat dari hasil prasiklus siswa kelas IV A SD 1 Pasuruhan Kidul. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru dalam memecahkan masalah materi luas dan keliling bangun datar melalui model Open Ended berbantuan media patik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV A SD 1 Pasuruhan Kidul Kudus dengan subjek penelitian sebanyak 17 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Open Ended berbantuan media patik. Sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematis, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Open Ended berbantuan media patik meningkat pada setiap siklusnya (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal 76,47% dengan predikat baik menjadi 82,35% dengan predikat baik pada siklus II, (2) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan nilai pada siklus I 73,4 dengan predikat cukup menjadi 77,2 dengan predikat baik pada siklus II, (3) persentase keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan dengan persentase 70,85% dengan kriteria baik pada siklus I dan 77,09% dengan kriteria baik paa siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas IV A SD 1 Pasuruhan Kidul dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Open Ended berbantuan media patik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru dalam proses belajar mengajar. Guru hendaknyamampu mengkondisikan siswa untuk berkelompok pada saat diskusi dan melakukan remidial serta pengayaan sesudah melakukan tes evaluasi dalam pembelajaran dengan model open ended berbantuan media patik.
id IOS3090.12845
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2020-11-12T14:36:26Z
last_indexed 2020-11-12T14:36:26Z
recordtype dc
_version_ 1765996419740598272
score 17.13294