ctrlnum 12833
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/12833/</relation><title>Peningkatan kecerdasan linguistik verbal dengan model think talk write berbantuan media kociku pada tema cita-citaku siswa kelas iv sd 4 terban kudus</title><creator>KHAROMAH, ULLUL FATJAR</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Kecerdasan linguistik verbal dasar yang telah telah dimiliki anak sejak lahir perlu dikembangkan, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan IPS. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kecerdasan linguistik verbal siswa dan meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar dengan menggunakan model Think Talk Write berbantuan media Kociku pada Tema 6 Cita-citaku.&#xD; Kecerdasan linguistik verbal adalah kemampuan untuk menyelesaikan masalah, mengembangkan masalah dan menciptakan sesuatu dengan menggunakan bahasa secara efektif. Tujuan untuk meningkatan kecerdasan linguistik yaitu agar siswa mampu menggunakan kemampuan tersebut secara nyata melalui kata-kata untuk menyampaikan gagasan dalam berbicara, membaca dan menulis serta mengembangkan potensi siswa dalam berbahasa. Maka para guru di sekolah diharapakan dapat menggali kemampuan serta mengarahkan siswa sesuai kecerdasan yang dimilikinya agar peluang keberhasilan siswa lebih besar kedepannya nanti.&#xD; Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 4 Terban dengan subjek penelitian 47 siswa dan guru menggunakan dua siklus tindakan yang mencakup empat tahapan yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif.&#xD; Hasil penelitian keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh skor 150 dengan persentase 78% kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 170 dengan persentase 89% kategori sangat baik. Pada pengamatan kecerdasan linguistik verbal siswa siklus I memperoleh skor 1045 dengan presentase 70% dan pada siklus II meningkat menjadi 1249 dengan presentase 83%. Sedangkan kemampuan kecerdasan linguistik verbal siswa pembelajaran tema 6 Cita-citaku siklus I muatan IPS memperoleh persentase keberhasilan 74,47% dengan 35 siswa yang termasuk kategori tuntas, dan muatan Bahasa Indonesia memperoleh persentase keberhasilan 76,60% dengan 36 siswa yang termasuk kategori tuntas. Pada siklus II mengalami peningkatan untuk muatan IPS 85,10% dengan 40 siswa yang termasuk kategori tuntas, dan untuk muatan Bahasa Indonesia 85,10% dengan 40 siswa yang termasuk kategori tuntas.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think Talk Write berbantuan media Kociku dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru serta dapat meningkatkan kecerdasan linguistik verbal siswa kelas IV SD 4 Terban Kudus.</description><date>2019</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12833/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12833/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12833/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12833/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12833/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12833/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12833/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12833/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12833/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> KHAROMAH, ULLUL FATJAR (2019) Peningkatan kecerdasan linguistik verbal dengan model think talk write berbantuan media kociku pada tema cita-citaku siswa kelas iv sd 4 terban kudus. Sarjana thesis, UMK. </identifier><recordID>12833</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author KHAROMAH, ULLUL FATJAR
title Peningkatan kecerdasan linguistik verbal dengan model think talk write berbantuan media kociku pada tema cita-citaku siswa kelas iv sd 4 terban kudus
publishDate 2019
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/12833/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12833/2/ABSTRAK.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12833/3/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12833/4/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12833/5/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12833/6/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12833/7/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12833/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12833/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12833/
contents Kecerdasan linguistik verbal dasar yang telah telah dimiliki anak sejak lahir perlu dikembangkan, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan IPS. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kecerdasan linguistik verbal siswa dan meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar dengan menggunakan model Think Talk Write berbantuan media Kociku pada Tema 6 Cita-citaku. Kecerdasan linguistik verbal adalah kemampuan untuk menyelesaikan masalah, mengembangkan masalah dan menciptakan sesuatu dengan menggunakan bahasa secara efektif. Tujuan untuk meningkatan kecerdasan linguistik yaitu agar siswa mampu menggunakan kemampuan tersebut secara nyata melalui kata-kata untuk menyampaikan gagasan dalam berbicara, membaca dan menulis serta mengembangkan potensi siswa dalam berbahasa. Maka para guru di sekolah diharapakan dapat menggali kemampuan serta mengarahkan siswa sesuai kecerdasan yang dimilikinya agar peluang keberhasilan siswa lebih besar kedepannya nanti. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 4 Terban dengan subjek penelitian 47 siswa dan guru menggunakan dua siklus tindakan yang mencakup empat tahapan yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh skor 150 dengan persentase 78% kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 170 dengan persentase 89% kategori sangat baik. Pada pengamatan kecerdasan linguistik verbal siswa siklus I memperoleh skor 1045 dengan presentase 70% dan pada siklus II meningkat menjadi 1249 dengan presentase 83%. Sedangkan kemampuan kecerdasan linguistik verbal siswa pembelajaran tema 6 Cita-citaku siklus I muatan IPS memperoleh persentase keberhasilan 74,47% dengan 35 siswa yang termasuk kategori tuntas, dan muatan Bahasa Indonesia memperoleh persentase keberhasilan 76,60% dengan 36 siswa yang termasuk kategori tuntas. Pada siklus II mengalami peningkatan untuk muatan IPS 85,10% dengan 40 siswa yang termasuk kategori tuntas, dan untuk muatan Bahasa Indonesia 85,10% dengan 40 siswa yang termasuk kategori tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think Talk Write berbantuan media Kociku dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru serta dapat meningkatkan kecerdasan linguistik verbal siswa kelas IV SD 4 Terban Kudus.
id IOS3090.12833
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2020-11-12T14:36:26Z
last_indexed 2020-11-12T14:36:26Z
recordtype dc
_version_ 1765996419695509504
score 17.13294