ctrlnum 12832
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/12832/</relation><title>Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas iv sd 7 cendono menggunakan model ttw berbantuan media geoboard</title><creator>RAHMAWATI, MAULIDA</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Pembelajaran Matematika merupakan pembelajaran yang saat ini kurang diminati oleh peserta didik, hal ini juga terjadi pada sebagian peserta didik kelas IV SD 7 Cendono terutama dalam materi yang berkaitan dengan soal uraian.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media Geoboard pada materi keliling dan luas bangun datar pada kelas IV SD 7 Cendono. Hipotesis dalam penelitian ini adalah penggunaan model Think Talk Write berbantuan media geoboard dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sesuai dengan KKM dan keterampilan mengajar guru kelas IV SD 7 Cendono Kudus.&#xD; &#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada kelas IV SD 7 Cendono Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus dengan jumlah subjek 24 peserta didik, penelitian ini terbagi ke dalam dua siklus.Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media geoboard dengan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan mengajar guru.Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan tes.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.&#xD; &#xD; Hasil penelitian tindakan kelas kemampuan pemecahan masalah matematis mengalami peningkatan yang cukup signifikan dimulai siklus I (71%) kriteria cukup baik dan siklus II (88%) dengan kriteri baik.Keterampilan mengajar guru pada siklus I (73%) dengan kriteria baik dan siklus II (81%) dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Talk Write berbantuan media geoboard dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dan keterampilan mengajar guru pada materi luas dan keliling persegi, persegi panjang dan segitiga.</description><date>2019</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12832/1/Hal%20Depan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12832/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12832/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12832/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12832/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12832/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12832/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12832/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> RAHMAWATI, MAULIDA (2019) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas iv sd 7 cendono menggunakan model ttw berbantuan media geoboard. Sarjana thesis, UMK. </identifier><recordID>12832</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RAHMAWATI, MAULIDA
title Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas iv sd 7 cendono menggunakan model ttw berbantuan media geoboard
publishDate 2019
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/12832/1/Hal%20Depan.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12832/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12832/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12832/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12832/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12832/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12832/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12832/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12832/
contents Pembelajaran Matematika merupakan pembelajaran yang saat ini kurang diminati oleh peserta didik, hal ini juga terjadi pada sebagian peserta didik kelas IV SD 7 Cendono terutama dalam materi yang berkaitan dengan soal uraian.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media Geoboard pada materi keliling dan luas bangun datar pada kelas IV SD 7 Cendono. Hipotesis dalam penelitian ini adalah penggunaan model Think Talk Write berbantuan media geoboard dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sesuai dengan KKM dan keterampilan mengajar guru kelas IV SD 7 Cendono Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada kelas IV SD 7 Cendono Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus dengan jumlah subjek 24 peserta didik, penelitian ini terbagi ke dalam dua siklus.Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media geoboard dengan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan mengajar guru.Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan tes.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas kemampuan pemecahan masalah matematis mengalami peningkatan yang cukup signifikan dimulai siklus I (71%) kriteria cukup baik dan siklus II (88%) dengan kriteri baik.Keterampilan mengajar guru pada siklus I (73%) dengan kriteria baik dan siklus II (81%) dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Talk Write berbantuan media geoboard dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dan keterampilan mengajar guru pada materi luas dan keliling persegi, persegi panjang dan segitiga.
id IOS3090.12832
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2020-11-12T14:36:26Z
last_indexed 2020-11-12T14:36:26Z
recordtype dc
_version_ 1765996419691315200
score 17.13294