Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Picture and picture berbantuan media visual dalam meningkatkan keterampilan guru mengajar pada tema 9 benda-benda di sekitar kita kelas V SD 6 Margorejo. (2) Menjelaskan penerapan model Picture and picture berbantuan media visual dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SD 6 Margorejo. (3) Menjelaskan penerapan model Picture and picture berbantuan media visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 6 Margorejo. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksaan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD 6 Margorejo kecamatan Dawe kabupaten Kudus yang terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah obervasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tes diuji validitasnya menggunakan validitas expert judgment. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada (1) Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh skor total skor 57,5 persentase sebesar 72% dengan kategori “baik”. Siklus II dengan memperoleh skor rata-rata 62 persentase sebesar 77,75% dengan kategori “sangat baik”. 2. Aktivitas belajar siswa sikluk I memperoleh rata-rata persentase sebesar 74,64% dengan kategori “baik” dan pada siklus II dengan rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus II sebesar 78,62% dengan kategori “sangat baik”. 3. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata persentase75,71% dengan kriteria “cukup” dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II dengan rata-rata persentase79,71%dengan kriteria “cukup”. Simpulan dari penelitian ini yaitu peningkatanhasil belajar siswa melalui model Picture and pictureberbantuan media visual tema 9 kelas SD 6 Margorejo