Peran Guru dalam Pengembangan Sikap Positif dan Internalisasi Nilai-nilai Luhur Melalui Teks Dongeng dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar

Main Author: Fathurohman, Irfai
Format: Book PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Unissula Press , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/1281/1/COVER_PENERBIT_DAFTAR_ISI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/1281/2/MAKALAH_UNISSULA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/1281/
Daftar Isi:
  • Tujuan dalam makalah ini ada tiga, pertama memaparkan peran guru dalam pengembangan sikap positif kepada siswa. Kedut memaparkan internalisasi nilai-nilai luhur yang terdapat dalam teks dongeng Ketiga, mendeskripsikan pemahaman terhadap penjenisan teks naskah dongeng. Hasil dalam makalah ini yaitu, pertama peran guru dalam pengembangan sikap positif ditunjukkan dengan menggali informasi dari teks tentang kondisi alam, menyampaikan atau bercerita metalui bahasa Indonesia yang baik dan benar, penggunaan bahasa Indonesia secara lisan dan tulis, secara bersamaan mengaitkan benda-benda yang dijumpai di nanah, di sekolah, dan tempat bermain, memahami pengetahuan faktual pada teks dongeng, mengaitkan teks dongeng dengan kearifan dan budaya daerah, memberikan pemahaman bahwa tokoh dalam teks dongeng merupakan makhluk tiptaan tuhan yang bisa saja teijadi dalam kehidupan siswa. Kedua, internalisasi nilai-nilai luhur yang terdapat dalam teks dongeng terbagi menjadi dua nilai yaitu nilai personal yang berupa, perkembangan emosional, perkembangan intelektual, perkembangan imajinasi, pertumbuhan rasa sosial, pertumbuhan rasa etis dan religius; nilai pendidikan berupa eksplorasi dan penemuan, perkembangan bahasa, pengembangan nilai keindahan, penanaman wawasan multikultural, penanaman kebiasaan membaca. Ketiga, pemahaman terhadap penjenisan teks naskah dongeng terbagi menjadi dua yaitu dongeng klasik dan dongeng modern.