Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaranTeams Games Tournamentberbantuan media kartudi kelas IV tema 8 daerah tempat tinggalku di SD 5 Gondosari Kudus tahun ajaran 2018/2019.Teams Games Tournamentadalah model pembelajaran yang terdiri lima komponen yaitu penyajian kelas, pembagian kelompok, game, turnamen, penghargaan. Hasil belajar adalah kemampuan siswa setelah melalui kegiatan belajar meliputi domain kognitif, domain afektif dan domain psikomotorik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 5 Gondosari dengan subjek penelitian 15 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaa, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Teams Games Tournament. Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dengan penerapan model Teams Games Tournament berbantuan media kartu dapat meningkatkan pembelajaran tema daerah tempat tinggalku muatan PPKn dan Bahasa Indonesia. Persentase rata-rata keterampilan guru pada siklus I 63,8% (kurang) dan pada siklus II meningkat menjadi 83,3% (baik). Persentase rata-rata aktivitas siswa siklus I yaitu 68,4% (cukup) dan meningkat pada siklus II yaitu 76,8% (baik). Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar ranah kognitif prasiklus muatan PPKn yaitu 26,7% kemudian setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 60%dan meningkatpada siklus II menjadi 80%. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar ranah kognitif prasiklus muatan Bahasa Indonesia yaitu 33,3% kemudian setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 46,7%dan meningkatpada siklus II menjadi 87% Presentase ranah afektif siklus I 70% (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 79,5%(baik). Persentase rata-rata ranah psikomotorik siklus I yaitu 76,1% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 81,1% (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV di SD 5 Gondosari Kudus dapat disimpulkan bahwa model Teams Games Tournament berbantuan media kartu dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.