ctrlnum 12769
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/12769/</relation><title>Penerapan model numbered head together berbantuan media roda berputar untuk meningkatkan hasil belajar tema 8 siswa kelas iv sd 1 kirig</title><creator>FAUZIYAH, ULFI NABILATUL</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar siswa (pengetahuan dan keterampilan siswa) dan keterampilan mengajar guru pada tema 8 Daerah Tempat &#xD; Model Numbered Head Together memiliki 7 tahapan yaitu pembentukan kelompok, pemberian masalah, diskusi kelompok, pemanggilan nomor, membimbing penyampaian hasil diskusi, tanggapan kelompok lain, dan kesimpulan. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku pada diri siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Media roda berputar merupakan media pembelajaran yang dibuat dalam bentuk permainan dengan cara memutar roda panah. Materi dalam penelitian ini yaitu tema 8 Daerah Tempat Tinggalku muatan IPS dan Bahasa Indonesia.&#xD; Penelitian tindakan kelas dilakukan di kelas IV SD 1 Kirig dengan subjek penelitian 20 siswa. Tahapan penelitian ini adalah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi selama 2 siklus. Variabel bebas adalah model Numbered Head Together dan media Roda Berputar, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan brupa data kualitatif dan kuantitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Head Together berbantuan media Roda Berputar dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar tema 8 muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Keterampilan guru meningkat dari siklus I rata-rata sebesar 90 ketuntasan klasikal 75% kategori baik (B) pada siklus II meningkat menjadi 108ketuntasan klasikal 90% kategori sangat baik (SB). Hasil belajar siswa muatan IPS dan Bahasa Indonesia meningkat dari siklus I rata-rata sebesar 69,5 ketuntasan klasikal 45% kategori cukup pada siklus II meningkat menjadi 76,25 ketuntasan klasikal 75% kategori tinggi. Keterampilan siswa muatan IPS meningkat siklus I rata-rata sebesar 70 ketuntasan klasikal 75% kategori baik (B) pada siklus II meningkat menjadi 79 ketuntasan klasikal 100% kategori sangat baik (SB), keterampilan siswa muatan Bahasa Indonesia meningkat siklus I rata-rata sebesar 71 ketuntasan klasikal 85% kategori sangat baik (SB) siklus II meningkat menjadi 79 ketuntasan klasikal 100% kategori sangat baik (SB).&#xD; Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together berbantuan media Roda Berputar dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, meningkatkan hasil belajar (pengetahuan dan keterampilan siswa) siswa kelas IV SD 1 Kirig. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menerapkan model pembelajaran yang variatif dan menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa lebih aktif dan tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya muatan IPS dan Bahasa Indonesia.</description><date>2019</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12769/1/HAL%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12769/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12769/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12769/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12769/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12769/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12769/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12769/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> FAUZIYAH, ULFI NABILATUL (2019) Penerapan model numbered head together berbantuan media roda berputar untuk meningkatkan hasil belajar tema 8 siswa kelas iv sd 1 kirig. Sarjana thesis, UMK. </identifier><recordID>12769</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author FAUZIYAH, ULFI NABILATUL
title Penerapan model numbered head together berbantuan media roda berputar untuk meningkatkan hasil belajar tema 8 siswa kelas iv sd 1 kirig
publishDate 2019
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/12769/1/HAL%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12769/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12769/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12769/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12769/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12769/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12769/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12769/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12769/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar siswa (pengetahuan dan keterampilan siswa) dan keterampilan mengajar guru pada tema 8 Daerah Tempat Model Numbered Head Together memiliki 7 tahapan yaitu pembentukan kelompok, pemberian masalah, diskusi kelompok, pemanggilan nomor, membimbing penyampaian hasil diskusi, tanggapan kelompok lain, dan kesimpulan. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku pada diri siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Media roda berputar merupakan media pembelajaran yang dibuat dalam bentuk permainan dengan cara memutar roda panah. Materi dalam penelitian ini yaitu tema 8 Daerah Tempat Tinggalku muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Penelitian tindakan kelas dilakukan di kelas IV SD 1 Kirig dengan subjek penelitian 20 siswa. Tahapan penelitian ini adalah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi selama 2 siklus. Variabel bebas adalah model Numbered Head Together dan media Roda Berputar, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan brupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Head Together berbantuan media Roda Berputar dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar tema 8 muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Keterampilan guru meningkat dari siklus I rata-rata sebesar 90 ketuntasan klasikal 75% kategori baik (B) pada siklus II meningkat menjadi 108ketuntasan klasikal 90% kategori sangat baik (SB). Hasil belajar siswa muatan IPS dan Bahasa Indonesia meningkat dari siklus I rata-rata sebesar 69,5 ketuntasan klasikal 45% kategori cukup pada siklus II meningkat menjadi 76,25 ketuntasan klasikal 75% kategori tinggi. Keterampilan siswa muatan IPS meningkat siklus I rata-rata sebesar 70 ketuntasan klasikal 75% kategori baik (B) pada siklus II meningkat menjadi 79 ketuntasan klasikal 100% kategori sangat baik (SB), keterampilan siswa muatan Bahasa Indonesia meningkat siklus I rata-rata sebesar 71 ketuntasan klasikal 85% kategori sangat baik (SB) siklus II meningkat menjadi 79 ketuntasan klasikal 100% kategori sangat baik (SB). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together berbantuan media Roda Berputar dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, meningkatkan hasil belajar (pengetahuan dan keterampilan siswa) siswa kelas IV SD 1 Kirig. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menerapkan model pembelajaran yang variatif dan menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa lebih aktif dan tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya muatan IPS dan Bahasa Indonesia.
id IOS3090.12769
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2020-11-12T14:36:24Z
last_indexed 2020-11-12T14:36:24Z
recordtype dc
_version_ 1765996419214213120
score 17.13294