Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa dengan menerapkan model pembelajaran make a match berbantuan media Kokami pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku muatan IPS dan Bahasa Indonesia kelas IV SD N 5 Gondangmanis. Hasil belajar merupakan suatu konsep pemahaman belajar dengan berubahan tingkah laku bagi siswa yang mencakup beberapa ranah meliputi ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Make a match merupakan model pembelajaran yang memiliki hubungan yang erat dengan karakteristik siswa yang gemar bermain dan pelaksaannya didukung dengan keaktifan siswa untuk bergerak mencari pasangan kartu yang sesuai dengan jawaban dan pertanyaan. Hipotesis penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan keterampilan guru, hasil belajar, dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model make a match berbantuan media Kokami pada kelas IV SD 5 Gondangmanis. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 5 Gondangmanis dengan subjek penelitian 20 siswa yang dilakukan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model make a match dan media Kokami. Variabel terikat pada penelitian ini yaitu Hasil Belajar pada tema 7.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.Analisis data yang dilakukan mengunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian keterampilan guru pada siklus I total nilai 78,9 kriteria sedang, siklus II mendapat total nilai 89 kriteria tinggi. Hasil belajar ranah pengetahuan pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 70 yang termasuk kriteria sedang, pada siklus II sebesar 80 yang termasuk kriteria tinggi. Hasil belajar ranah sikap siklus I sebesar 75,31 kriteria sedang, pada siklus II total nilai 84,37 kriteria tinggi. Hasil belajar ranah keterampilan pada siklus I mendapatkanrata-rata nilai 76,09 kriteria sedang, pada siklus II meningkat dengan rata-rata nilai 83,37 kriteria tinggi. Aktivitas belajar peserta didik siklus I mendapat nilai dengan rata-rata nilai 76 kriteria sedang, dan siklus II meningkat dengan rata-rata nilai 85, 68 kriteria tinggi. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model make a match berbatuan media Kokami untuk meningkatkan hasil belajar pada kelas IV SD 5 Gondangmanis pada tahun 2018/2019 Sehingga guru dapat menggunakan model make a match berbantuan media Kokami sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa