Daftar Isi:
  • Pemahaman membaca merupakan sebuah aktifitas dimana pembaca tidak hanya membaca tapi juga memahami isi dari teks tersebut. Di MA Miftahul Ulum Trimulyo Pati, siswa masih mendapat kesulitan untuk menganalisis dan memahami isi dari teks narative. Ini disebabkan bahwa guru bahasa inggris hanya menjelaskan materi dengan menggunakan power poit kemudian memberikan soal latihan kepada siswa. Ini adalah cara yang monoton dan itulah sebabnya, murid masih rendah dalam membaca bahasa inggris. Oleh karena itu penulis menggunakan kelompok diskusi kecil untuk mengajar pemahaman membaca. Kelompok diskusi kecil merupakan sebuah interaksi antara tiga atau lebih seseorang yang berdikusi dan menemukan informasi penting dari teks naratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang bermakna antara Pemahaman Membaca Teks Naratif kelas sebelas MA Miftahul Ulum Trimulyo Pati tahun ajaran 2018/2019 mengajar dengan menggunakan kelompok diskusi kecil. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan penelitian quantitative eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas sebelas MA Miftahul Ulum Trimulyo Pati tahun ajaran 2018/2019. Sample dalam penelitian ini berjumplah 34 siswa. Untuk mendapatkan data,penulis menggunakan tes pilihan ganda dengan jumplah 25 soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-ratapre-test60,58 dengan standard deviasi 10,99 dan nilai rata-rata pre-test ini dapat dikategorikan rendah. Sementara nilai rata-rata post-test 76,73 dengan standard deviasi 9,59 dan nilai ini dapat dikategorigan baik. Dari uji tes hipotesis diperoleh (t-hitung =13,2 >t-tabel 2,042) dan tingkat kebebasan 33 dengan tingkat signifikan 0,05.Penulis menyipulkan bahwa null hipotesis (H0) ditolak dan alternative hipotesis diterima. Jadi ada perbedaan yang signifikan dari pemahaman membaca teks narrative siswa kelas sebelas MA Miftahul Ulum Trimulyo Pati sebelum dan sesudah mengajar menggunakan kelompok diskusi kecil. Saran dari penelitian ini para guru bisa menggunakan kelompok diskusi kecil sebagai teknik untuk mengajar pemahaman membaca.