Penerapan model think pair share untuk meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan media kartu soal kelas v tema 9 sd 1 gondangmanis kudus
Main Author: | Khoirunnisa, Noor |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/12752/1/Hal.%20Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/12752/2/Bab%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/12752/3/Bab%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/12752/4/Bab%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/12752/5/Bab%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/12752/6/Bab%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/12752/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/12752/8/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/12752/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan seberapa besar peningkatan keterampilan guru dan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Think Pair Shareberbantuan media kartu soal kelas V tema 9 SD 1 Gondangmanis Kudus tahun ajaran 2019. Hasil belajar adalah tingkat perkembangan pengetahuan yang lebih baik bila dibandingkan sebelum belajar, dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Think Pair Share adalah model pembelajaran sederhana yang membentuk siswa berpasangan mendiskusikan pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada kelas V SD 1 Gondangmanis Kudus yang menggunakan model Think Pair Share berbantuan media kartu soal Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Gondangmanis Kudus dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Think Pair Share sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Instrumen penelitian adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan dalam pembelajaran. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus yaitu 72% setelah dilakukan penelitian pada siklus I meningkat menjadi memperoleh 74% dan meningkat pada siklus II menjadi 81%. Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh persentase rata-rata keberhasilan sebesar 78%, pada siklus II meningkat menjadi 84%. Aspek sikap siswa dalam pembelajaran siklus I memperoleh 76% dan meningkat pada siklus II menjadi 80%.Aspek keterampilan siswa dalam pembelajaran siklus I memperoleh 76% dan meningkat pada siklus II menjadi 81%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas V SD 1 Gondangmanis Kudus dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share berbantuan media kartu soal dapat meningkatkan hasil belajar siswa, keterampilan mengajar guru, sikap dan keterampilan siswa pada saat pembelajaran.