Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan hasil belajar IPS dan Bahasa Indonesia mencakup aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan diterapkan melalui model pembelajaran Make a Match berbantuan media kartu soal pada tema 9 Benda-Benda disekitar Kita Kelas V SDN 2 Panjunan Kudus. Hasil belajar adalah suatu perubahan perilaku yang meliputi tiga aspek menyangkut aspek kognitif, psikomotorik, afektif. Model pembelajaran Make a Match merupakan model pembelajaran yang menyenangkan melalui permainan mencari pasangan menggunakan media kartu soal. Kartu soal merupakan kartu yang didalamnya terdapat soal dan kartu jawaban. Penelitian ini mengambil Tema 9 Benda-Benda disekitar Kita terdapat dua subtema yaitu subtema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi dan subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah model Make a Match berbantuan media kartu soal dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan model Make a Match pada tema 9 Benda-benda disekitar Kita kelas V SDN 2 Panjunan Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 2 Panjunan Kudus dengan subjek penelitian 30 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Make a Match sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh nilai persentase keberhasilan sebesar 75% (baik), pada siklus II sebesar 93% (baik). Persentase aktivitas belajar siswa pada prasiklus memperoleh persentase 47% (kurang), setelah dilakukan penelitian pada siklus I meningkat menjadi 75% (cukup), dan meningkat pada siklus II 89% (baik). Persentase ketuntasan hasil belajar siswa ranah kognitif pada prasiklus yaitu 67% (kurang), setelah dilakukan penelitian pada siklus I meningkat menjadi 73% (kurang), dan meningkat pada siklus II menjadi 80% (baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas V SD 2 Panjunan Kudus dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make a Match berbantuan media kartu soal dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.