Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model think talk write berbantuan media peta keberagaman indonesia pada tema indahnya keragaman di negeriku kelas iv Sdn 01 mijen

Main Author: LESTARI, PUJI
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/12749/1/HAL.%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12749/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12749/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12749/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12749/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12749/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12749/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12749/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12749/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Think Talk Write menggunakan media peta keberagaman indonesia untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SDN 01 Mijen. Berpikir kritis merupakan proses berpikir seseorang secara logis dan terarah untuk memecahkan masalah dalam mengambil keputusan harus dengan tepat berdasarkan data yang diperoleh. Model pembelajaran Think Talk Write(TTW) adalah model pembelajaran yang terdiri dari tiga tahapan yaitu think (berpikir)memikirkan masalah yang diberikan, lalu talk (berbicara)mendiskusikan permasalahan, lalu write (menulis) menulis pengetahuan yang diperoleh sebagai hasil kesepakatan dengan anggota kelompok. Media peta keberagaman Indonesia merupakan sebuah media visual yang memuat gambar peta Indonesia serta berbagai macam gambar keragaman dan kebudayaan yang di Indonesia. Materi tema Indahnya Keragaman di Negeriku muatan PPKn dan IPS. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas IV SDN 01 Mijenkecamatan Kaliwungu kabupaten Kudus dengan subyek penelitian guru dan siswa yang terdiri dari 27 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas siswa dan keterampilan guru melalui model Think Talk Write berbantuan media peta keberagaman Indonesia pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan pada siklus Irata-rata nilai 73,5 dengan kategori sedangmuatan PPKn memperoleh56% dan muatan IPS memperoleh 63%dan siklus II meningkatrata-rata nilai 87 kategori tinggimuatan PPKn menjadi 93% dan muatan IPS menjadi 89%. Pada aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 60% dan siklus II meningkat menjadi 83%. Dan pada keterampilan guru mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 69% dan siklus II meningkat 88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Think Talk Write berbantuan media peta keberagaman Indonesia dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SDN 01 Mijen.