Penerapan model pembelajaran direct instruction berbantuan media objek konkret untuk meningkatkan pemahaman Konsep tema 8 daerah tempat tinggalku Siswa kelas iv sd 2 panjunan kudus

Main Author: NOVITASARI, VENY
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/12747/1/HAL.%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12747/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12747/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12747/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12747/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12747/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12747/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12747/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12747/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep siswa, aktivitas belajar siswa ranah afektif dan psikomotorik, keterampilan mengajar guru dengan penerapan model pembelajaran Direct Instruction berbantuan media Objek Konkret pada kelas IV SD 2 Panjunan Kudus. Model pembelajaran Direct Instruction merupakan suatu model pembelajaran yang disusun secara khusus untuk mempermudah pengetahuan prosedual dan deklaratif siswa yang diajarkan melalui serangkaian langkah-langkah dan pada setiap langkahnya dapat diketahui dengan cara menilai. Pemahaman konsep merupakan kemampuan yang ada pada dalam diri seseorang untuk menerjemahkan, menjelaskan, dan menjabarkan ide-idenya dalam kegiatan berpikir. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Direct Instruction berbantuan media Objek Konkret dapat meningkatkan pemahaman konsep tema 8 tempat tinggalku siswa kelas IV SD 2 Panjunan. Penilitian tindakan kelas ini dilaksanakan dikelas IV SD 2 Panjunan dengan subjek penelitian 33 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Direct Instruction, sedangkan variabel terikatnya, yaitu Pemahaman Konsep. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian pada hasil nilai evaluasi kemampuan pemahaman konsep siswa tema 8 Daerah Tempat Tinggalku siklus I dengan persentase ketuntasan belajar 42,43%, dan meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 78,20%. Selain itu, terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa ranah afektif pada siklus I 66,60%, menjadi 77,71% pada siklus II dengan kriteria baik (B). Sedangkan aktivitas belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I 66,20% menjadi 78,90% pada siklus II dengan kriteria baik (B). Keterampilan guru melalui penerapan model direct instruction berbantuan media Objek Konkret pada siklus I yaitu 66,80% dan meningkat pada siklus II 76,25% dengan kriteria (B). Simpulan bahwa penerapan model Direct Instruction berbantuan media Objek Konkret dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. Penerapan model pembelajaran Direct Instruction disarankan, guru harus mengarahkan siswa dalam menganalisa media Objek Konkret agar siswa dapat menemukan konsep secara mandiri.