Peningkatan hasil belajar siswa kelas iv sdn 3 adiwarno melalui model pembelajaran problem based learningberbantuan media slide presentasi Bergambar komik
Main Author: | PUTRI, ERSA RISTINI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/12737/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/12737/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/12737/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/12737/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/12737/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/12737/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/12737/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/12737/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/12737/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan media Powerpoint pada kelas IV SDN 3 Adiwarno Kudus. Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasilbelajar merupakan kemampuan perubahan tingkah laku yang dialami siswa sebagai hasil dari proses pembelajaran yang terjadi.Media Powerpointmerupakan media pembelajaran bersifat audio visual dengan tujuan agar siswa lebih paham jika dihadapkan sesuatu yang menarik untuk dilihat. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah melalui model Problem Based Learning berbantuan media Powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas IV SDN 3 Adiwarno dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus yang menggunakan desain penelitian kelas dari Kemmis dan Me. Taggart. variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar dan keterampilan guru. Metode pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Problem Based Learning berbantuan media Powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Hasil belajar siswa, ketuntasan klasikal siswa pra siklus sebesar 40,91% dengan rata-rata 61, meningkat pada siklus I menjadi 68,18% dengan rata-rata 69,55, dan pada siklus II meningkat menjadi 86,36% dengan rata-rata 77,05. (2) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 80,17% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 84,91% (Sangat Baik). Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan Problem Based Learning berbantuan Powerpointdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dan keterampilan guru SDN 3 Adiwarno Kudus. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya aktif dalam mengikuti pembelajaran. Guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang variatif. Kepala sekolah hendaknya menyediakan sarana yang mendukung pelaksanaan pembelajaran kreatif dan inovatif.