Penerapan model pembelajaran mind mapping Untuk meningkatkan pemahaman konsep pada Pembelajaran ipa dan bahasa indonesia Tema manusia dan lingkungan pada Siswa kelas v sdn 2 kriyan

Main Author: JANNAH, MIFTACHUL
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/12728/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12728/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12728/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12728/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12728/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12728/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12728/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12728/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12728/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan ketrampilan proses aktivitas siswa dan peningkatan mengajar guru melalui penerapan model Mind Mapping berbantuan kartu bergambar pada siswa kelas V SDN 02 Kriyan. Model Pembelajaran Mind Mapping adalah tekhnik pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan prasarana grafis lainnya untuk membentuk suatu kesan yang lebih dalam dan mudah diingat. Media gambar merupakan media visual dalam bentuk grafis. Media grafis didefinisikan sebagai media yang mengkombinasikan fakta dan sebuah gagasan yang jelas dan kuat melalui suatu kombinasi pengungkapan kata-kata dan gambar.Pemahaman Konsep merupakan pengajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berproses kreatif dengan tujuan mrngembangkan dan meningkatkan kemampuan siswa untuk menemukan dan mengemukakan sendiri fakta,konsep, serta teori dalam diri siswa. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model Mind Mapping berbatuan Kartu Bergambar pada siswa kelas V Tema 8 di SDN 02 Kriyan dan keterampilan mengajar guru meningkat dalam penerapan model Mind Mappingberbatuan Kartu Bergambar untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V Tema 8 di SDN 02 Kriyan. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di V Tema 8 di SDN 02 Kriyan dengan subjek penelitian 14 siswa. Penelitian ini direncanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu modelMind Mappingdan Kartu Bergambar, sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kauntitatif dankualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru pada siklus I 70,2%% masuk dalam kriteria baik meningkat menjadi 82,7% dengan kriteria sangat baik. Kemapuan pemahaman konsep pada ranah kognitif pada siklus I 68,9 meningkat menjadi 78,6. Pada ranah afektif meninjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II yakni 69,1% masuk dalam kriteria baik meningkat menjadi 83% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep, aktifitas belajar siswa, dan keterampilan guru pada mata tema 8 kelas V SD N 2 Kriyan Jepara. Peneliti menyarankan agar siswa lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran, serta guru lebih menguasai beberapa model pembelajaran yang efektif, sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan secara kondusif dan inovatif yang dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan