Penerapan model numbered head together berbantuan media roda putar untuk meningkatkan hasil belajar siswa subtema pemanfaatan kekayaan alam di indonesia kelas iv sd 1 undaan tengah

Main Author: KUSUMAWARDANI, LARASATI
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/12705/1/Hal.Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12705/2/Bab%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12705/3/Bab%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12705/4/Bab%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12705/5/Bab%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12705/6/Bab%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12705/7/Daftar%20Pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12705/8/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12705/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media roda putar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia kelas IV SD 1 Undaan Tengah. Hasil belajar adalah sebuah perubahan tingkah laku seseorang setelah melakukan proses belajar yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Numbered Head Together merupakan suatu model pembelajaran berkelompok yang setiap anggota kelompoknya bertanggung jawab atas tugas kelompoknya. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar dan peningkatan keterampilan guru dalam mengajar siswa kelas IV SD 1 Undaan Tengah Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 1 Undaan Tengah dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebasnya adalah model Numbered Head Together, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar. Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Head Together berbantuan media roda putar dapat meningkat pada tiap siklus. Persentase keterampilan guru siklus I rata-rata klasikal yakni 76,7% (baik), kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase 83,1% (baik). Hasil belajar siswa ranah sikap dari siklus I sebesar 77,8% (baik), meningkat sebesar 81% (baik) pada siklus II. Hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan, pada prasiklus muatan PPKn memperoleh 40% menjadi 70% pada siklus I, meningkat pada siklus II sebesar 95%. Hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan, pada prasiklus muatan Bahasa Indonesia memperoleh 40% menjadi 35% pada siklus I, meningkat pada siklus II sebesar 75%. Hasil belajar siswa ranah keterampilan, dari siklus I sebesar 79% (baik) meningkat sebesar 82% (baik) pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media roda putar mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah sikap, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan pada siswa kelas IV SD 1 Undaan Tengah. Peneliti menyarankan, guru hendaknya menggunakan model dan media pembelajaran yang inovatif salah satunya dengan model pembelajaran Numbered Head Together dan media roda putar.