ctrlnum 12684
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/12684/</relation><title>Peningkatan pemahaman konsep ipa dan bahasa indonesia menggunakan model cooperatif jigsaw berbantuan media konkret kelas iv tema 8 daerah tempat tinggalku di sd 3 megawon kudus</title><creator>BUDI, ANDRIYAN SETIYA</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Pendidikan dasar</subject><description>Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui model Cooperatif Jigsaw berbantukan Media Konkret Tematik; dan (2) mendeskripsikan penerapan model Cooperatif Jigsaw berbantuan media konkret dalam meningkatkan pemahaman konsep pada muatan IPA dan Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD 3 Megawon Kudus. &#xD; Pemahaman Konsep merupakan kemampuan seseorang untuk mengerti apa yang diajarkan, menangkap makna apa yang dipelajari. Model Cooperatif Jigsawmerupakan model pembelajaran Cooperatif yang dalam pelaksanaanya terdapat kelompok asal dan tim ahli.Media Konkretmerupakan benda yang nyata atau terwujud. &#xD; Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 3 Megawon dengan subjek penelitian guru dan 14 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Siklus pertama yaitu pada subtema 2 pembelajaran 1 dan 2 dan siklus 2 pada subtema 3 pembelajaran 1 dan 2 setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Cooperatif Jigsaw dan Media Konkret. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil penelitian terjadi peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan guru pada tema daerah tempat tinggalku. Peningkatan keterampilan guru pada siklus I sebesar 78,12% (Baik) dan pada siklus II sebesar 90,62% (Baik). Pada pemahaman konsep siswa muatan IPA meningkat cukup signifikan antara siklus I sebesar (65%) dan siklus II sebesar (88%). Muatan Bahasa Indonesia dengan ketuntasan pada siklus I sebesar (72%) dan siklus II sebesar (86%). &#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan di kelas IV SD 3 Megawon, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperatif Jigsaw berbantuan media konkret dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan mengajar guru pada tema daerah tempat tinggalku kelas IV SD 3 Megawon.</description><date>2019</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12684/1/SAMPUL-DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12684/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12684/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12684/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12684/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12684/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12684/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12684/8/Semua%20Lampiran.pdf</identifier><identifier> BUDI, ANDRIYAN SETIYA (2019) Peningkatan pemahaman konsep ipa dan bahasa indonesia menggunakan model cooperatif jigsaw berbantuan media konkret kelas iv tema 8 daerah tempat tinggalku di sd 3 megawon kudus. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>12684</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author BUDI, ANDRIYAN SETIYA
title Peningkatan pemahaman konsep ipa dan bahasa indonesia menggunakan model cooperatif jigsaw berbantuan media konkret kelas iv tema 8 daerah tempat tinggalku di sd 3 megawon kudus
publishDate 2019
topic Pendidikan (Umum)
Pendidikan dasar
url http://eprints.umk.ac.id/12684/1/SAMPUL-DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12684/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12684/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12684/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12684/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12684/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12684/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12684/8/Semua%20Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12684/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui model Cooperatif Jigsaw berbantukan Media Konkret Tematik; dan (2) mendeskripsikan penerapan model Cooperatif Jigsaw berbantuan media konkret dalam meningkatkan pemahaman konsep pada muatan IPA dan Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD 3 Megawon Kudus. Pemahaman Konsep merupakan kemampuan seseorang untuk mengerti apa yang diajarkan, menangkap makna apa yang dipelajari. Model Cooperatif Jigsawmerupakan model pembelajaran Cooperatif yang dalam pelaksanaanya terdapat kelompok asal dan tim ahli.Media Konkretmerupakan benda yang nyata atau terwujud. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 3 Megawon dengan subjek penelitian guru dan 14 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Siklus pertama yaitu pada subtema 2 pembelajaran 1 dan 2 dan siklus 2 pada subtema 3 pembelajaran 1 dan 2 setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Cooperatif Jigsaw dan Media Konkret. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terjadi peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan guru pada tema daerah tempat tinggalku. Peningkatan keterampilan guru pada siklus I sebesar 78,12% (Baik) dan pada siklus II sebesar 90,62% (Baik). Pada pemahaman konsep siswa muatan IPA meningkat cukup signifikan antara siklus I sebesar (65%) dan siklus II sebesar (88%). Muatan Bahasa Indonesia dengan ketuntasan pada siklus I sebesar (72%) dan siklus II sebesar (86%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan di kelas IV SD 3 Megawon, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperatif Jigsaw berbantuan media konkret dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan mengajar guru pada tema daerah tempat tinggalku kelas IV SD 3 Megawon.
id IOS3090.12684
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2020-10-12T20:16:23Z
last_indexed 2020-11-12T14:36:24Z
recordtype dc
_version_ 1765996418934243328
score 17.13294