Peningkatan berpikir kreatif siswa dengan cooperative model think pair share berbantuan media gambar kelas iv tema 1 indahnya kebersamaan sd 2 garung lor
Main Author: | ARIEF, NORMA YUSTITIA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/12683/1/HAL.%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/12683/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/12683/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/12683/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/12683/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/12683/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/12683/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/12683/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/12683/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Peningkatan berpikir kreatif siswa dengan cooperative model Think Pair Share Berbantuan media gambar kelas IV tema 9 Kayanya Negeriku SD 2 Garung Lor Kudus. Berpikir Kreatif adalah kemampuan untuk menghasilkan ide atau gagasan yang baru dalam menghasilkan suatu cara dalam menyelesaikan masalah. Indikator kemampuan berpikir kreatif sebagai berikut: (1) kelancaran, (2) keluwesan, (3) keaslian, (4) elaborasi. Think pair share merupakan suatu model pembelajaran yang berarti dengan berpikir. Cooperative merupakan kegiatan pembelajaran yang model pembelajarannya menerapkan cara berkelompok untuk bekerja sama dan saling membantu mengkonstruksikan konsep untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Hipotesis penelitian ini menggunakan model Think Pair Share berbantuan edia amabr dapat meningkatkan keterampilan guru da aktivitas belajar siswa tema indahnya kebersamaan muatan IPS dan Bahasa indonesiakelas IV SD 2 Garung Lor. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan,pelaksanaan,observasi, dan refleksi. Variabel bebas yaitu model pembelajaran Think Pair Share dan variabel terikat yaitu berpikir kreatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada (1) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh keberhasilan klasikalnya yaitu 63,12 dengan kualifikasi cukup, pada siklus II memperoleh keberhasilan klasikalnya 78,12 dengan kualifikasi baik (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh klasikalnya 70 dengan kualifikasi cukup, pada siklus II memperoleh klasikal keberhasilannya 80 dengan kualifikasi sangat baik (3) berpikir kreatif pada siklus I memperoleh klasikal 70,95 dengan kualifikasi baik, pada siklus II memperoleh klasikalnya 77,61 dengan kualifikasi baik. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model Think Pair Share berbantuan media gambar dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa pada tema 1 Indahnya Kebersamaan di kelas IV SD 2 Garung Lor Kudus tahun ajaran 2019/2020. Sehingga guru dapat menggunakan model Think Pair Share berbantuan media gambar.