Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, hasil belajar ranah afektif, psikomotorik dan kognitif siswa dengan menggunkan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions pada siswa kelas IV SD 5 Jekulo Kudus. Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisionsadalah pembelajaran yang didalamnya terdiri dari beberapa kelompok kecil dengan kemampuan akademik yang berbeda-beda. Materi dalam tema 9 Kayanya Negeriku muatan PPKn dan Bahasa Indonesia yang dikaji dalam penelitian ini adalah materi hak dan kewajiban warga masyarakat dan juga materi wawancara. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD 5 Jekulo Kudus dengan subjek penelitian 30 siswa. Penelitian ini akan dilakukan dengan 2 siklus dengan setiap siklusnya mempunyai empat tahapan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Student Team Achievement Divisions dan variabel terikatnya adalah Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada muatan PPKn dan Bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Pada teknik teknik pengumpulan data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh rata-rata 82,50 menjadi 88,50. Aktivitas belajar siswa Siklus I memperoleh persentase77,25% pada siklus II 85,11%. Hasil belajar ranah afektif siswa pada siklus I memperoleh persentase 76,40 % pada siklus II 85,67%. Hasil belajar ranah psikomotorik siklus I memperoleh persentase 75,23% pada siklus II 84,80%. Hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus I muatan PPKn terlihat siswa tuntas 56,67%, muatan Bahasa Indonesia 63,33%. Pada siklus II muatan PPKn siswa tuntas dengan persentase 83,33%, sedangkan muatan Bahasa Indonesia 90%. Hal ini membuktikan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran StudentTeam Achievement Divisions pada siswa kelas IV SD 5 Jekulo Kudus Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, hasil belajar ranah afektif, psikomotorik dan kognitif siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran STAD pada kelas IV SD 5 Jekulo Kudus tema 9 Kayanya Negeriku, Oleh karena itu penerapan model STAD membuat guru lebih inovatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.