Penerapan strategi directed reading thinking activity berbantuan kartu bergambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 6 panas dan Perpindahannya kelas v Sd 4 karangbener
Main Author: | MAYDIANA, ELSA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/12664/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/12664/2/ABSTRACT.pdf http://eprints.umk.ac.id/12664/3/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/12664/4/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/12664/5/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/12664/6/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/12664/7/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/12664/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/12664/9/LAMPIRAN%20SKRIPSI.pdf http://eprints.umk.ac.id/12664/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru Tema 6 Panas dan Perpindahannya, (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran Tema 6 dengan menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity, (3) Untuk mendeskripsikan penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity dapat meningkatkan hasil belajar siswa Tema 6 Panas dan Perpindahannya kelas V SD 4 Karangbener. Strategi Directed Reading Thinking Activity merupakan strategi yang memfokuskan keterlibatan siswa dengan teks, siswa memprekdiksi dan membuktikannya ketika mereka membaca. Penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity berbantuan kartu bergambar menjadikan siswa lebih aktif dalam pembelajaran karena gambar tersebut mampu menarik perhatian siswa. Siswa juga di ajarkan untuk berpendapat dan mengemukakan idenya. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SD 4 Karangbener dengan subjek penelitian 21 siswa. Penelitian berlangsung selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu strategi Directed Reading Thinking Activity sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa kelas V SD 4 Karangbener. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada (1) Keterampilan mengajar guru pada sikus I memperoleh persentase 70% berkategori baik, pada siklus II memperoleh persentase 84,37% berkategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 71,5% berkategori baik, pada siklus II memperoleh persentase 81,75% berkategori baik. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I muatan PPKn memperoleh skor rata-rata 76 dengan presentase ketuntasan klasikal 61,90% pada siklus II memperoleh skor rata-rata 82 dengan presentase 85,71% Pada muatan Bahasa Indonesia siklus I memperoleh rata-rata 83,4 dengan presentase 85,71%, siklus II memperoleh nilai 86 dengan presentase 90,48%. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity berbantuan kartu bergambar dapat meningnkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 Panas dan Perpindahannya kelas V SD 4 Karangbener.