Penerapan model number head togetheruntuk Meningkatkankemampuan berpikir kritis tema Lingkungan sahabat kita berbantuan media flashcard Pada siswa kelas 5sd negeri 02 dongos jepara

Main Author: HAMZAH, MUHAMMAD VICKY
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/12661/1/Hal.%20Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12661/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12661/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12661/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12661/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12661/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12661/7/Daftar%20Pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12661/8/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12661/
http://eprints.umk.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan model NHT dapat meningkatkan keterampilan guru. (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model NHT berbantuan Media Flashcard Berpikir kritis yakni suatu proses berpikir tingkat tinggi untuk menyelesaikan sebuah permasalahan dalam membuat keputusan yang masuk akal. NHT yakni suatu model pembelajaran berkelompok yang setiap anggota kelompoknya bertanggung jawab atas tugas kelompoknya, sehingga tidak ada pemisahan antara siswa yang satu dan satu dengan yang lainya.Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yakni keterampilan guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran NHT berbantuan media flashcard. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN 2 Dongos dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yakni siklus I dan siklus II.Pada setiap siklus terdiri atas empat tahapan diantaranya yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Variabel terikat penelitian ini yakni kemampuan berpikir kritis. Variabel bebas pada penelitian ini yakni model Number Head Together. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni tes, pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 67,3 dan meningkat pada siklus II dengan nilai 77,4. Kemampuan berpikir kritis pada aspek keterampilan pada siklus I memperoleh nilai 82,4 dan meningkat pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 86,5. Dan keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase rata-rata sebesar 72% dan siklus II sebesar 79,5%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas V SDN 2 Dongos dapat disimpulkan bahwa penerapan model Number Head Together berbantuan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema lingkungan sahabat kita kelas V SDN 2 Dongos