Penerapan model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui media flash card kelas iv tema indahnya keragaman di negeriku di sdn 02 kayen
Main Author: | LESTARI, ERNA DUWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/12653/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/12653/2/ABSTRACT.pdf http://eprints.umk.ac.id/12653/3/BAB%201.pdf http://eprints.umk.ac.id/12653/4/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/12653/5/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/12653/6/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/12653/7/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/12653/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/12653/9/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/12653/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Kayen dalam menggunakan model Group Investigation berbantuan media Flash Card. Group Investigation adalah suatu model pembelajaran yang lebih menekankan pada pilihan dan kontrol siswadari pada menerapkan teknik-teknik pengajaran diruang kelas, selain itu juga memadukan prinsip belajar demokratis dimana siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hasil Belajar adalah tindakan untukmelihat sejauh mana keberhasilan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hasil Belajar terbagi dari ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Media merupakan alat bantu yang dapat disajikan sebagai perantara atau pengantar informasi belajar yang digunakan oleh guru berkomunikasi dengan siswa. Flash Card merupakan media kartu yang berisi gambar, tulisan, yang dapat dibuat sebagai permainan kartu sehingga memungkinkan siswa tertarik untuk memahami materi yang disampaikan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 02 Kayen dengan subjek penelitian 19 siswa. penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebas adalah model Group Investigation berbantuan media Flash Card, variabel terikatnya adalah Hasil Belajar Siswa. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data berupa data kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran Tema 7 melalui model Group Investigation berbantuan media Flash Card meningkat. Persentase keterampilan guru pada siklus I yakni 80% dengan kriteria baik, siklus II menjadi 83,5 % dengan kriteria sangat baik. Hasil Belajar siswa ranah Kognitif siswa siklus I yakni 75,73% dengan kriteria cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 84,78% dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa ranah afektif siklus I yakni 73,68 dengan kriteria perlu bimbingan, dan meningkat pada siklus II menjadi 82,89% dengan kriteria cukup. Hasil belajar siswa ranah psikomotorik siswa siklus I yakni 75,54% dengan kriteria cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 81,79% dengan kriteria cukup. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas IV SDN 02 Kayen dapat disimpulkan bahwa model Group Investigation berbantuan media Flash Card pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku dapat meningkatkan keterampilan guru, dan pengetahuan siswa.