ctrlnum 12645
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/12645/</relation><title>Penerapan model pembelajaran course review horay berbantuan media paris untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas iv</title><creator>KHOIRIYAH, UMROTUL</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Pendidikan dasar</subject><description>Guru terbiasa menggunakan model pembelajaran yang konvensional dan jarang menggunakan media pada pembelajaran matematika, sehingga tidak menarik perhatian siswa. Selain itu siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, keterampilan mengajar guru serta aktivitas belajar siswa menggunakan model Course Review Horay berbantuan Media PARIS.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 3 Soco dengan subjek penelitian 11 siswa dan peneliti yang berlangsung selama 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif.&#xD; Hasil tes evaluasi siklus I menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai presentase ketuntasan klasikal 54,54% dengan kriteria kurang. Sedangkan hasil tes evaluasi siklus II menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu meningkat dengan presentase ketuntasan klasikal 81,81% dengan predikat baik. Pada keterampilan mengajar guru persentase dari siklus I yaitu 73,43% dengan kriteria baik . Sedangkan pada Siklus II meningkat dengan memperoleh persentase 83,9% dengan kriteria baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 64,25 dengan predikat cukup. Sedangkan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata75,3 dengan predikat baik. Jadi penerapan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media PARIS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, keterampilan mengajar guru serta aktivitas belajar siswa.Guru diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran CRH berbantuan media PARIS sebagai alternative dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga dapat meminimalisir ketakutan siswa terhadap pembelajaran matematika.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12645/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12645/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12645/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12645/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12645/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12645/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12645/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12645/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> KHOIRIYAH, UMROTUL (2019) Penerapan model pembelajaran course review horay berbantuan media paris untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas iv. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>12645</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author KHOIRIYAH, UMROTUL
title Penerapan model pembelajaran course review horay berbantuan media paris untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas iv
publishDate 2019
topic Pendidikan (Umum)
Pendidikan dasar
url http://eprints.umk.ac.id/12645/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12645/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12645/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12645/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12645/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12645/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12645/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12645/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12645/
http://eprints.umk.ac.id
contents Guru terbiasa menggunakan model pembelajaran yang konvensional dan jarang menggunakan media pada pembelajaran matematika, sehingga tidak menarik perhatian siswa. Selain itu siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, keterampilan mengajar guru serta aktivitas belajar siswa menggunakan model Course Review Horay berbantuan Media PARIS. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 3 Soco dengan subjek penelitian 11 siswa dan peneliti yang berlangsung selama 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil tes evaluasi siklus I menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai presentase ketuntasan klasikal 54,54% dengan kriteria kurang. Sedangkan hasil tes evaluasi siklus II menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu meningkat dengan presentase ketuntasan klasikal 81,81% dengan predikat baik. Pada keterampilan mengajar guru persentase dari siklus I yaitu 73,43% dengan kriteria baik . Sedangkan pada Siklus II meningkat dengan memperoleh persentase 83,9% dengan kriteria baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 64,25 dengan predikat cukup. Sedangkan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata75,3 dengan predikat baik. Jadi penerapan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media PARIS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, keterampilan mengajar guru serta aktivitas belajar siswa.Guru diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran CRH berbantuan media PARIS sebagai alternative dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga dapat meminimalisir ketakutan siswa terhadap pembelajaran matematika.
id IOS3090.12645
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2020-10-12T20:16:22Z
last_indexed 2020-10-12T20:16:22Z
recordtype dc
_version_ 1765996418549415936
score 17.13294