Daftar Isi:
  • Permasalahan yang terjadi di SD 1 Jati Wetan adalah rendahnya kemampuan dan keterampilan proses koneksi matematis yang disebabkan karena siswa kurang termotivasi dalam menyelesaikan soal dalam bentuk cerita dan guru kurang inovatif dalam menggunakan model pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa, keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran dan keterampilan proses siswa pada materi pengukuran sudut berbantuan media ULTARA pada siswa kelas IV SD 1 Jati Wetan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakandi SD 1 Jati Wetandengan subjek penelitian 20 siswa kelas IV dan peneliti sebagai guru yang berlangsung selama 2 siklus dengan 3 pertemuan disetiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran TGT dan media ULTARA sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan koneksi matematis, keterampilan mengajar guru serta keterampilan proses siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa kelas IV SD 1 Jati Wetan antara siklus I memperoleh nilai rata-rata klasikal 73,15 termasuk predikat D (perlu bimbingan) dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata klasikal 82,25 termasuk predikat C (cukup). Keterampilan mengajar peneliti sebagai guru dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran TGT berbantuan media ULTARA pada siklus I memperoleh skor rata-rata 3,03 dalam predikat baik dan meningkat menjadi 3,32 termasuk predikat sangat baik pada siklus II. Keterampilan proses siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata klasikal 76,42 termasuk predikat C (cukup) dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata klasikal 83,52 termasuk predikat B (baik). Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran TGT berbantuan media ULTARA dapat meningkatkan koneksi matematis dan meningkatkan keterampilan peneliti sebagai guru dalam mengajar sertameningkatkan keterampilan proses siswa kelas IV SD 1 Jati Wetan. Disarankan dalam penerapan model pembelajaranTGT guru hendaknya memberikan bimbingan yang optimal untuk meningkatkan koneksi matematis siswa.