ctrlnum 12641
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/12641/</relation><title>Penerapan model examplenon example berbantuanmedia flashcard untuk meningkatkan hasilbelajar siswa tema 8 daerah tempat tinggalku kelas iv sdn lumbungmas 02</title><creator>MARPUAH, DITA SRI</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Pendidikan dasar</subject><description>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran Example Non Exampledan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada Tema 8Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1Lingkungan Tempat Tinggalku dan subtema 2Keunikan Tempat Tinggalku mata pelajaranIPS dan Bahasa Indonesia kelas IV SDN Lumbungmas 02.&#xD; Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebanyak siklus tahap-tahap Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu (I) Perencanaan, (2) tindakan,(3) observasi, (4) releksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada kelas IV sejumlah 13 siswa di SDN Lumbungmas 02. Metode pengumpulan data menggunakan data wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan analisis data kualitatif dan kuantitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunakan model Example Non Example dapat meningkatkan keterampilan guru ,dan hasil belajar IPS dan Bahasa Indonesia. Hasil belajar siswa pada prasiklus pada mata pelajaran IPS sebanyak 31% dengan kategori ( Kurang) sedangkan mata mata pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 46% dengan kategori (Kurang). Pada siklus I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 69% dengan kategori (Kurang) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80% dengan kategori ( Baik) sedangkan pada mata pelajaran IPS Siklus I 77% dengan kategori ( Cukup) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85% dengan kategori ( Baik)&#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini yang dilakukan pada kelas IV SDN Lumbungmas 02 dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Example Non Example materi ekoonomi, jenis-jenis pekerjaan, dan tokoh cerita fiksi dapat meningkatkat keterampilan guru mengolah pembelajaran, hasil belajar pengetahhuan, dan hasil belajar keterampilan siswa pada mata pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia. Saran dalam penelitian ini, siswa sebaiknya lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran dikelas. Bagi guru hendaknya menggunakan pembelajaran yang lebih inovatif supaya bisa merangsang siswa agar semangat belajar.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12641/1/HAL.%20JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12641/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12641/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12641/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12641/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12641/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12641/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12641/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> MARPUAH, DITA SRI (2019) Penerapan model examplenon example berbantuanmedia flashcard untuk meningkatkan hasilbelajar siswa tema 8 daerah tempat tinggalku kelas iv sdn lumbungmas 02. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>12641</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author MARPUAH, DITA SRI
title Penerapan model examplenon example berbantuanmedia flashcard untuk meningkatkan hasilbelajar siswa tema 8 daerah tempat tinggalku kelas iv sdn lumbungmas 02
publishDate 2019
topic Pendidikan (Umum)
Pendidikan dasar
url http://eprints.umk.ac.id/12641/1/HAL.%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12641/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12641/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12641/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12641/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12641/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12641/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12641/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12641/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran Example Non Exampledan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada Tema 8Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1Lingkungan Tempat Tinggalku dan subtema 2Keunikan Tempat Tinggalku mata pelajaranIPS dan Bahasa Indonesia kelas IV SDN Lumbungmas 02. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebanyak siklus tahap-tahap Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu (I) Perencanaan, (2) tindakan,(3) observasi, (4) releksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada kelas IV sejumlah 13 siswa di SDN Lumbungmas 02. Metode pengumpulan data menggunakan data wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunakan model Example Non Example dapat meningkatkan keterampilan guru ,dan hasil belajar IPS dan Bahasa Indonesia. Hasil belajar siswa pada prasiklus pada mata pelajaran IPS sebanyak 31% dengan kategori ( Kurang) sedangkan mata mata pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 46% dengan kategori (Kurang). Pada siklus I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 69% dengan kategori (Kurang) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80% dengan kategori ( Baik) sedangkan pada mata pelajaran IPS Siklus I 77% dengan kategori ( Cukup) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85% dengan kategori ( Baik) Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini yang dilakukan pada kelas IV SDN Lumbungmas 02 dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Example Non Example materi ekoonomi, jenis-jenis pekerjaan, dan tokoh cerita fiksi dapat meningkatkat keterampilan guru mengolah pembelajaran, hasil belajar pengetahhuan, dan hasil belajar keterampilan siswa pada mata pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia. Saran dalam penelitian ini, siswa sebaiknya lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran dikelas. Bagi guru hendaknya menggunakan pembelajaran yang lebih inovatif supaya bisa merangsang siswa agar semangat belajar.
id IOS3090.12641
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2020-10-12T20:16:22Z
last_indexed 2020-10-12T20:16:22Z
recordtype dc
_version_ 1765996418532638720
score 17.13294