Peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model gi (grup investigation) berbantu media potek pada tema 8 daerah tempat tinggalku kelas iv sd 4 dersalam
Main Author: | SARI, INTAN FRISKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/12633/1/1%20Hal.Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/12633/2/2%20BAB%201.pdf http://eprints.umk.ac.id/12633/3/3%20BAB%202.pdf http://eprints.umk.ac.id/12633/4/4%20BAB%203.pdf http://eprints.umk.ac.id/12633/5/5%20BAB%204.pdf http://eprints.umk.ac.id/12633/6/6%20BAB%205.pdf http://eprints.umk.ac.id/12633/7/7%20Daftar%20pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/12633/8/LAMPIRAN%20LENGKAP%20INTAN%20%20PGSD.pdf http://eprints.umk.ac.id/12633/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model GI berbantu media Potek pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku kelas IV SD 4 Dersalam. Keterampilan Proses Sains Siswa merupakan kemampuan siswa untuk memahami dan menerapkan dalam metode ilmiah, menemukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan. GI adalah model pembelajaran yang menuntut semua anggota kelompok untuk merencanakan suatu penelitian beserta perencanaan penyelesaian masalah yang dihadapi serta melibatkan kelompok kecil. Media Potek merupakan media gambar yang dikembangkan menjadi tiga dimensi yang dimodifikasi dengan praktik menggunakan benda nyata untuk pembelajaran IPA. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah model GI berbantu media Potek dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas IV SD 4 Dersalam dan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar siswa IV SD 4 Dersalam pada pembelajaran IPA dan Bahasa Indonesia. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 4 Dersalam dengan subjek penelitian 14 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebasnya adalah GI. serta variabel terikat adalah keterampilan proses sains siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran tema 8 melalui model GI berbantu media Potek meningkat. Keterampilan proses sains siswa ranah pengetahuan siklus I sebesar 72% kriteria cukup, siklus II sebesar 75,9% kriteria cukup. Keterampilan proses sains siswa ranah keterampilan siklus I sebesar 77,04% kriteria cukup, siklus II sebesar 83,29% kriteria baik. Keterampilan proses sains siswa ranah sikap siklus I sebesar 73% kriteria cukup, siklus II sebesar 81% kriteria baik. Hal ini membuktikan bahwa dengan model GI berbantu media Potek dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku kelas IV SD 4 Dersalam. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas IV SD 4 Dersalam bahwa dengan menggunakan model GI berbantu media Potek dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada tema 8 Daerah Temoat Tinggalku kelas IV SD 4 Dersalam.