ctrlnum 12624
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/12624/</relation><title>Penerapan model contextual teaching and learning&#xD; Disertai mediagambaruntuk meningkatkan pemahaman konsep pada tema organ &#xD; Gerak hewan dan manusia&#xD; Kelas v sd 3 peganjaran</title><creator>WIJAYA, SATRIA SAKTI</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Pendidikan dasar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dan mendiskripsikan penerapan media gambar untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik muatan Bahasa Indonesia dan IPA Pada Tema Organ Gerak Hewan Dan Tumbuhan Kelas V SD 3 Peganjaran.&#xD; Pemahaman konsep peserta didik merupakan proses dimana peserta didik menerimadan memahami konsep dalam pembelajaran secara keseluruhan. Model contextual teaching and learning adalah model pembelajaran yang memungkinkan siswa menghubungkan isi mata pelajaran dengan konteks kehidupan sehari-hari. Media gambar adalah benda yang sebenarnya, benda/media yang membantu pengalaman nyata peserta didik.&#xD; Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 3 Peganjaran dengan subjek penelitian 21 peserta didik. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan dua pertemuan di setiap siklusnya yang terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model contextual teaching andlearning berbantuan media gambar. Sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh meliputi data pemahaman konsep, pengamatan aktivitas peserta didik, dan keterampilan mengajar guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kuantitatif dan kualitatif. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan nilai rata-rata keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I sebesar 67,7 dengan kategori kurang dan siklus II menjadi 87,09 dengan kategori baik. Pemahaman konsep peserta didik meningkat dari 57,1% dengan kategori perlu bimbinganpada siklus I menjadi 90,5%dengan kategori baik pada siklus II. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 74,14%dengan kategori perlu bimbingan meningkat menjadi 81,02%dengan kategori baik pada siklus II&#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 3 Peganjaran dapat disimpulkan bahwa melalui pengunaan model contextual teaching and learning berbantuan media gambar dapat meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran IPA dan Bahasa Indonesia serta keterampilan guru pada tema 1 di kelas V SD 3 Peganjaran. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik sehingga dapat merangsang peserta didik agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12624/1/Halaman%20Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12624/2/Bab%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12624/3/Bab%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12624/4/Bab%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12624/5/Bab%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12624/6/Bab%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12624/7/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12624/8/Lampiran.pdf</identifier><identifier> WIJAYA, SATRIA SAKTI (2019) Penerapan model contextual teaching and learning Disertai mediagambaruntuk meningkatkan pemahaman konsep pada tema organ Gerak hewan dan manusia Kelas v sd 3 peganjaran. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>12624</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author WIJAYA, SATRIA SAKTI
title Penerapan model contextual teaching and learning Disertai mediagambaruntuk meningkatkan pemahaman konsep pada tema organ Gerak hewan dan manusia Kelas v sd 3 peganjaran
publishDate 2019
topic Pendidikan (Umum)
Pendidikan dasar
url http://eprints.umk.ac.id/12624/1/Halaman%20Depan.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12624/2/Bab%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12624/3/Bab%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12624/4/Bab%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12624/5/Bab%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12624/6/Bab%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12624/7/Daftar%20Pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12624/8/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12624/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dan mendiskripsikan penerapan media gambar untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik muatan Bahasa Indonesia dan IPA Pada Tema Organ Gerak Hewan Dan Tumbuhan Kelas V SD 3 Peganjaran. Pemahaman konsep peserta didik merupakan proses dimana peserta didik menerimadan memahami konsep dalam pembelajaran secara keseluruhan. Model contextual teaching and learning adalah model pembelajaran yang memungkinkan siswa menghubungkan isi mata pelajaran dengan konteks kehidupan sehari-hari. Media gambar adalah benda yang sebenarnya, benda/media yang membantu pengalaman nyata peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 3 Peganjaran dengan subjek penelitian 21 peserta didik. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan dua pertemuan di setiap siklusnya yang terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model contextual teaching andlearning berbantuan media gambar. Sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh meliputi data pemahaman konsep, pengamatan aktivitas peserta didik, dan keterampilan mengajar guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan nilai rata-rata keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I sebesar 67,7 dengan kategori kurang dan siklus II menjadi 87,09 dengan kategori baik. Pemahaman konsep peserta didik meningkat dari 57,1% dengan kategori perlu bimbinganpada siklus I menjadi 90,5%dengan kategori baik pada siklus II. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 74,14%dengan kategori perlu bimbingan meningkat menjadi 81,02%dengan kategori baik pada siklus II Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 3 Peganjaran dapat disimpulkan bahwa melalui pengunaan model contextual teaching and learning berbantuan media gambar dapat meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran IPA dan Bahasa Indonesia serta keterampilan guru pada tema 1 di kelas V SD 3 Peganjaran. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik sehingga dapat merangsang peserta didik agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia.
id IOS3090.12624
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2020-10-12T20:16:22Z
last_indexed 2020-10-12T20:16:22Z
recordtype dc
_version_ 1765996418462384128
score 17.13294