ctrlnum 12619
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/12619/</relation><title>Penerapan model problem-based learningberbantuan monogram untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas iv &#xD; Sd n 3 soditan</title><creator>PUSPITASARI, NILA</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Pendidikan dasar</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kurangnya keterampilan proses saat pembelajaran matematika di SD N 3 Soditan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui ketercapaian KKM pada kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses peserta didik yang diajarkan dengan model Problem-Based Learning berbantuan monogram, (2) untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses peserta didik sebelum dan sesudah diterapkannya model Problem-Based Learning berbantuan Monogram, (3) untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem-Based Learning berbantuan Monogram.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre experimental. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas IV SD N 3 Soditan yang berjumlah 22 orang dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah model Problem-Based Learning berbantuan Monogram, sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas IV SD N 3 Soditan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan metode tes. Analisis data menggunakan uji peningkatan dengan n-gain, uji beda rata-rata dengan paired sample t-test dan uji ketuntasan belajar dengan one sample t-test.&#xD; Berasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses peserta didik sebesar 78,22 dan 78,14. Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses pada pemecahan masalah peserta didik setelah menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Monogram sebesar 0,000&lt;0,05. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses peserta didik dengan model Problem Based Learning berbantuan Monogram dapat mencapai KKM 70. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem-Based Learning berbantuan Monogram terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses peserta didik kelas IV SD N 3 Soditan. Saran dalam penelitian ini agar guru lebih lanjut mengembangkan model pembelajaran ini agar peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12619/1/halaman%20judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12619/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12619/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12619/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12619/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12619/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12619/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12619/8/LAMPIRAN%20.pdf</identifier><identifier> PUSPITASARI, NILA (2019) Penerapan model problem-based learningberbantuan monogram untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas iv Sd n 3 soditan. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>12619</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author PUSPITASARI, NILA
title Penerapan model problem-based learningberbantuan monogram untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas iv Sd n 3 soditan
publishDate 2019
topic Pendidikan (Umum)
Pendidikan dasar
url http://eprints.umk.ac.id/12619/1/halaman%20judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12619/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12619/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12619/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12619/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12619/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12619/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12619/8/LAMPIRAN%20.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12619/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kurangnya keterampilan proses saat pembelajaran matematika di SD N 3 Soditan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui ketercapaian KKM pada kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses peserta didik yang diajarkan dengan model Problem-Based Learning berbantuan monogram, (2) untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses peserta didik sebelum dan sesudah diterapkannya model Problem-Based Learning berbantuan Monogram, (3) untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem-Based Learning berbantuan Monogram. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre experimental. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas IV SD N 3 Soditan yang berjumlah 22 orang dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah model Problem-Based Learning berbantuan Monogram, sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas IV SD N 3 Soditan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan metode tes. Analisis data menggunakan uji peningkatan dengan n-gain, uji beda rata-rata dengan paired sample t-test dan uji ketuntasan belajar dengan one sample t-test. Berasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses peserta didik sebesar 78,22 dan 78,14. Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses pada pemecahan masalah peserta didik setelah menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Monogram sebesar 0,000<0,05. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses peserta didik dengan model Problem Based Learning berbantuan Monogram dapat mencapai KKM 70. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem-Based Learning berbantuan Monogram terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses peserta didik kelas IV SD N 3 Soditan. Saran dalam penelitian ini agar guru lebih lanjut mengembangkan model pembelajaran ini agar peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran.
id IOS3090.12619
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2020-10-12T20:16:22Z
last_indexed 2020-10-12T20:16:22Z
recordtype dc
_version_ 1765996418442461184
score 17.13294