ctrlnum 12615
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/12615/</relation><title>Penerapan model think pair share untuk meningkatkan&#xD; Pemahaman konsep siswa berbantuan media video&#xD; Tema 6 panas dan perpindahannya kelas v &#xD; Sd 1 prambatan lor</title><creator>SETYOWATI, RAGELIA INDAH</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Pendidikan dasar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan keterampilan guru melalui menerapkan model Think Pair Share siswa kelas V SD 1 Prambatan Lor pada materi tema 6 Panas dan Perpindahannya berbantuan media video, Mengukur peningkatan pemahaman konsep siswa kelas V SD 1 Prambatan Lor melalui model Think Pair Share. pada materi tema 6 panas dan perpindahannya berbantuan media video, Mengukur peningkatan aktivitas siswa kelas V SD 1 Prambatan Lor melalui penerapan model Think Pair Share pada materi tema 6 Panas dan Perpindahannya berbantuan media video &#xD; &#xD; Pemahaman konsep adalah kemampuan seseorang untuk menjelaskan suatu konsep atau materiorang yang diketahui dengan bahasa sendiri sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki dan tidak mengubah arti dari sebuah materi tersebut. Think Pair Share merupakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik diskusi, siswa saling berpasangan, dengan berpasangan siswa akan mendiskusikan masalah yang diberikan oleh guru dan beberapa pasangan mempresentasikan apa yang telah mereka diskusikan di depan kelas. Media video adalah media yang dapat menggambarkan suatu objek yang bergerak bersama-sama dengan suara ilmiah atau suara yang sesuai. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah ada peningkatan pemahaman konsep siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran tema 6 Panas dan Perpindahannya melalui penerapan model Think Pair Share berbantuan media video kelas V SD 1 Prambatan Lor. &#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Prambatan Lor dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan melalui empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media video dan variabel terikat adalah pemahaman konsep siswa. Metode Pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan data kualitatif.&#xD; Hasil analisis data menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Video dapat meningkatkan pemahamn konsep siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep siklus I sebesar 73 dan siklus II sebesar 83. Sedangkan presentase ketuntasan klasikal kemampuan pemahaman konsep siswa pada siklus I sebesar (43%) dengan kriteria sangat rendah dan meningkat pada siklus II (78%) dengan kriteria cukup. Presentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar (70%) dengan kriteria perlu bimbingan dan meningkat pada siklus II (85%) dengan kriteria baik. Sedangkan presentase keterampilan mengajr guru pada siklus I sebesar (70%) dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II (83%) dengan kriteria sangat baik. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Media Video dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa, aktivitas belajar siswa, dan dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, dalam mengelola pembelajaran pada tema 6 panas dan perpindahannya. Sedangkan saran yang dapat peneliti berikan model Think Pair Share Berbantuan Media Video diterapkan pada materi dan tema yang berbeda.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12615/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12615/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12615/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12615/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12615/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12615/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12615/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/12615/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SETYOWATI, RAGELIA INDAH (2019) Penerapan model think pair share untuk meningkatkan Pemahaman konsep siswa berbantuan media video Tema 6 panas dan perpindahannya kelas v Sd 1 prambatan lor. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>12615</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SETYOWATI, RAGELIA INDAH
title Penerapan model think pair share untuk meningkatkan Pemahaman konsep siswa berbantuan media video Tema 6 panas dan perpindahannya kelas v Sd 1 prambatan lor
publishDate 2019
topic Pendidikan (Umum)
Pendidikan dasar
url http://eprints.umk.ac.id/12615/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12615/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12615/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12615/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12615/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12615/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12615/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12615/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12615/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan keterampilan guru melalui menerapkan model Think Pair Share siswa kelas V SD 1 Prambatan Lor pada materi tema 6 Panas dan Perpindahannya berbantuan media video, Mengukur peningkatan pemahaman konsep siswa kelas V SD 1 Prambatan Lor melalui model Think Pair Share. pada materi tema 6 panas dan perpindahannya berbantuan media video, Mengukur peningkatan aktivitas siswa kelas V SD 1 Prambatan Lor melalui penerapan model Think Pair Share pada materi tema 6 Panas dan Perpindahannya berbantuan media video Pemahaman konsep adalah kemampuan seseorang untuk menjelaskan suatu konsep atau materiorang yang diketahui dengan bahasa sendiri sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki dan tidak mengubah arti dari sebuah materi tersebut. Think Pair Share merupakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik diskusi, siswa saling berpasangan, dengan berpasangan siswa akan mendiskusikan masalah yang diberikan oleh guru dan beberapa pasangan mempresentasikan apa yang telah mereka diskusikan di depan kelas. Media video adalah media yang dapat menggambarkan suatu objek yang bergerak bersama-sama dengan suara ilmiah atau suara yang sesuai. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah ada peningkatan pemahaman konsep siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran tema 6 Panas dan Perpindahannya melalui penerapan model Think Pair Share berbantuan media video kelas V SD 1 Prambatan Lor. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Prambatan Lor dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan melalui empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media video dan variabel terikat adalah pemahaman konsep siswa. Metode Pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Video dapat meningkatkan pemahamn konsep siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep siklus I sebesar 73 dan siklus II sebesar 83. Sedangkan presentase ketuntasan klasikal kemampuan pemahaman konsep siswa pada siklus I sebesar (43%) dengan kriteria sangat rendah dan meningkat pada siklus II (78%) dengan kriteria cukup. Presentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar (70%) dengan kriteria perlu bimbingan dan meningkat pada siklus II (85%) dengan kriteria baik. Sedangkan presentase keterampilan mengajr guru pada siklus I sebesar (70%) dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II (83%) dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Media Video dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa, aktivitas belajar siswa, dan dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, dalam mengelola pembelajaran pada tema 6 panas dan perpindahannya. Sedangkan saran yang dapat peneliti berikan model Think Pair Share Berbantuan Media Video diterapkan pada materi dan tema yang berbeda.
id IOS3090.12615
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2020-10-12T20:16:22Z
last_indexed 2020-10-12T20:16:22Z
recordtype dc
_version_ 1765996418426732544
score 17.13294