Daftar Isi:
  • Adenada, Melitsa. 2019. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divison Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar Kelas IV SD 03 Adiwarno. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing (1) Sekar Dwi Ardianti, S.Pd, M.Pd. (2) Imaniar Purbasari, S,Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru dalam mengajar Tema 1 Indahnya Kebersamaan muatan PPKn dan Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD 03 Adiwarno dengan menerapkan model Student Teams Achievement Divison berbantuan media kartu kata bergambar. Motivasi mempunyai peranan yang sangat penting untuk membangkitkan semangat belajar peserta didik. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model Student Teams Achievement Division berbantuan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Muatan Bahasa Indonesia dan PPKn kelas IV SD 03 Adiwarno. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di SD 03 Adiwarno dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data motivasi belajar siswa. Hasil penelitian keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 67% dalam kriteria sedang/cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 72% kriteria tinggi/baik. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I memperoleh persentase keberhasilan 74,55% kriteria tinggi/baik dan pada siklus II meningkat menjadi 88,75% kriteria sangat tinggi/sangat baik. Motivasi belajar peserta didik siklus I memperoleh persentase 65,2%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 73%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar peserta didik, dan motovasi belajar peserta didik kelas IV SD 03 Adiwarno.