Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual, perilaku belajar, dan budaya terhadap tingkat pemahaman akuntansi (studi empiris pada mahasiswa akuntansi perguruan tinggi se-karesidenan pati)

Main Author: SARI, DWI NOVITA
Format: Bachelors NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/12249/1/HAL.%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12249/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12249/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12249/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12249/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12249/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12249/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12249/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12249/9/ARTIKEL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/12249/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual, perilaku belajar dan budaya terhadap tingkat pemahaman akuntansi di Perguruan Tinggi se Karesidenan Pati. Penelitian ini dilakukan di Perguruan Tinggi se Karesidenan Pati meliputi Universitas Muria Kudus, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, dan STIE YPPI Rembang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 akuntansi angkatan 2016 yang masih aktif di Perguruan Tinggi se Karesidenan Pati. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan rumus slovin untuk mengetahui sampel di Perguruan Tinggi se Karesidenan Pati. Total sampel yang didapatkan adalah 84 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual, perilaku belajar berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Hal tersebut memiliki arti bahwa semakin baik kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual, perilaku belajar yang dimiliki mahasiswa maka semakin baik pula tingkat pemahaman akuntansi di Perguruan Tinggi se Karesidenan Pati.