Mastery of Vocabulary of the Seventh Grade Students of SMP Walisongo Pecangaan Jepara in the Academic Year 2011/2012 Taught by Using Index Card Match

Main Author: Husna, Fithrotul, Fithrotul
Format: Bachelors NonPeerReviewed application/pdf application/vnd.ms-powerpoint
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/1189/1/cover.pdf
http://eprints.umk.ac.id/1189/2/CHAPTER_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/1189/3/CHAPTER_I1.pdf
http://eprints.umk.ac.id/1189/4/CHAPTER_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/1189/5/CHAPTER_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/1189/6/CHAPTER_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/1189/7/CHAPTER_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/1189/8/ppt.pptx
http://eprints.umk.ac.id/1189/
ctrlnum 1189
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Mastery of Vocabulary of the Seventh Grade Students of SMP Walisongo Pecangaan Jepara in the Academic Year 2011/2012 Taught by Using Index Card Match.</title><creator>Husna, Fithrotul, Fithrotul</creator><subject>Bahasa Inggris</subject><description>Bahasa Inggris telah diajarkan selama bertahun-tahun, tetapi prestasi siswa masih dianggap kurang. Banyak sekali alasan yang muncul sehinga menyebabkan masalah tersebut. Dan satu hal yang paling mendasari masalah tersebut adalah keterbatasan penguasaan kosakata siswa. Peniliti menemukan beberapa siswa dari kelas tujuh SMP Walisongo Pecangaan Jepara masih memiliki kosakata dalam jumlah kecil, karena mereka sulit untuk menghafal arti dari kata bahasa Inggris. Oleh karena itu, penulis menggunakan &#x201C;Index Card Match&#x201D; sebagai sebuah metode pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa dengan menggunakan permainan yang menyenangkan dan media yang menarik.&#xD; Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan apakah ada perbedaan yang signifikan antara penguasaan kosakata siswa kelas tujuh yang diajar dengan menggunakan &#x201C;Index Card Match&#x201D; dan yang diajar dengan menggunakan &#x201C;Metode Grammar Translation Method&#x201D;.&#xD; Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah semua kelas tujuh SMP Walisongo Pecangaan Jepara pada tahun akademik 2011/2012.Peniliti mengambil dua kelas sebagai sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas VII A adalah kelompok eksperimen (36 siswa) dan VII B adalah kelompok control (37 siswa). Kelompok eksperimen yang diajar dengan menggunakan &#x201C;Index Card Match&#x201D; dan kelompok control yang diajar dengan menggunakan &#x201C;Grammar Translation Method&#x201D;. Instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah tes pilihan ganda dengan 40 item.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada timgkat yang signifikan 0.05 dan derajat kebebasan 67, ada perbedaan yang signifikan diantara penguasaan kosakata siswa kelas tujuh SMP Walisongo Pecangaan Jepara pada tahun akademik 2011/2012 yang diajar dengan menggunakan &#x201C;Index Card Match&#x201D; dan yang diajar dengan menggunakan &#x201C;Grammar Translation Method&#x201D;. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan t-obtained 9.8. Sementara itu, t-critical adalah 2.00. Dengan kata lain, t-obtained lebih tinggi daripada t-critical ((t-obtained = 8.9 &gt; t-critical = 2.00). Penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas tujuh SMP Walisongo Pecangaan Jepara pada tahun akademik 2011/2012 yang diajar dengan menggunakan &#x201C;Grammar Translation Method&#x201D; termasuk categori cukup (Mean = 67.43 dan SD = 6.25).&#xD; Berdasarkan hasil diatas, ini membuktikan bahwa &#x201C;Index Card Match&#x201D; efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas tujuh SMP Walisongo Pecangaan Jepara pada tahun akademik 2011/2012. Penulis menyarankan untuk semua guru bahasa Inggris, mereka dapat menggunakan &#x201C;Index Card Match&#x201D; sebagai sebuah metode dalam proses belajar mengajar khususnya dalam pengajaran kosakata. Ini dapat menarik siswa untuk belajar bahasa Inggris, karena dengan menggunakan metode ini siswa menjadi aktif dan kreatif. Bahkan siswa tidak bosan dan mereka memperoleh pembelajaran kosakata yang menarik.&#xD; &#xD; &#xD; </description><date>2012-07-18</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/1189/1/cover.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/1189/2/CHAPTER_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/1189/3/CHAPTER_I1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/1189/4/CHAPTER_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/1189/5/CHAPTER_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/1189/6/CHAPTER_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/1189/7/CHAPTER_VI.pdf</identifier><type>File:application/vnd.ms-powerpoint</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/1189/8/ppt.pptx</identifier><identifier>Husna, Fithrotul, Fithrotul (2012) Mastery of Vocabulary of the Seventh Grade Students of SMP Walisongo Pecangaan Jepara in the Academic Year 2011/2012 Taught by Using Index Card Match. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/1189/</relation><recordID>1189</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
File:application/vnd.ms-powerpoint
author Husna, Fithrotul, Fithrotul
title Mastery of Vocabulary of the Seventh Grade Students of SMP Walisongo Pecangaan Jepara in the Academic Year 2011/2012 Taught by Using Index Card Match
publishDate 2012
topic Bahasa Inggris
url http://eprints.umk.ac.id/1189/1/cover.pdf
http://eprints.umk.ac.id/1189/2/CHAPTER_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/1189/3/CHAPTER_I1.pdf
http://eprints.umk.ac.id/1189/4/CHAPTER_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/1189/5/CHAPTER_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/1189/6/CHAPTER_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/1189/7/CHAPTER_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/1189/8/ppt.pptx
http://eprints.umk.ac.id/1189/
contents Bahasa Inggris telah diajarkan selama bertahun-tahun, tetapi prestasi siswa masih dianggap kurang. Banyak sekali alasan yang muncul sehinga menyebabkan masalah tersebut. Dan satu hal yang paling mendasari masalah tersebut adalah keterbatasan penguasaan kosakata siswa. Peniliti menemukan beberapa siswa dari kelas tujuh SMP Walisongo Pecangaan Jepara masih memiliki kosakata dalam jumlah kecil, karena mereka sulit untuk menghafal arti dari kata bahasa Inggris. Oleh karena itu, penulis menggunakan “Index Card Match” sebagai sebuah metode pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa dengan menggunakan permainan yang menyenangkan dan media yang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan apakah ada perbedaan yang signifikan antara penguasaan kosakata siswa kelas tujuh yang diajar dengan menggunakan “Index Card Match” dan yang diajar dengan menggunakan “Metode Grammar Translation Method”. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah semua kelas tujuh SMP Walisongo Pecangaan Jepara pada tahun akademik 2011/2012.Peniliti mengambil dua kelas sebagai sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas VII A adalah kelompok eksperimen (36 siswa) dan VII B adalah kelompok control (37 siswa). Kelompok eksperimen yang diajar dengan menggunakan “Index Card Match” dan kelompok control yang diajar dengan menggunakan “Grammar Translation Method”. Instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah tes pilihan ganda dengan 40 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada timgkat yang signifikan 0.05 dan derajat kebebasan 67, ada perbedaan yang signifikan diantara penguasaan kosakata siswa kelas tujuh SMP Walisongo Pecangaan Jepara pada tahun akademik 2011/2012 yang diajar dengan menggunakan “Index Card Match” dan yang diajar dengan menggunakan “Grammar Translation Method”. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan t-obtained 9.8. Sementara itu, t-critical adalah 2.00. Dengan kata lain, t-obtained lebih tinggi daripada t-critical ((t-obtained = 8.9 > t-critical = 2.00). Penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas tujuh SMP Walisongo Pecangaan Jepara pada tahun akademik 2011/2012 yang diajar dengan menggunakan “Grammar Translation Method” termasuk categori cukup (Mean = 67.43 dan SD = 6.25). Berdasarkan hasil diatas, ini membuktikan bahwa “Index Card Match” efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas tujuh SMP Walisongo Pecangaan Jepara pada tahun akademik 2011/2012. Penulis menyarankan untuk semua guru bahasa Inggris, mereka dapat menggunakan “Index Card Match” sebagai sebuah metode dalam proses belajar mengajar khususnya dalam pengajaran kosakata. Ini dapat menarik siswa untuk belajar bahasa Inggris, karena dengan menggunakan metode ini siswa menjadi aktif dan kreatif. Bahkan siswa tidak bosan dan mereka memperoleh pembelajaran kosakata yang menarik.
id IOS3090.1189
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:10:03Z
last_indexed 2017-04-08T05:24:35Z
recordtype dc
_version_ 1765996236324732928
score 16.845257