Peningkatan hasil belajar siswa melalui model student team achievement division berbantuan media flashcard tema indahnya keberagaman di negeriku pada siswa kelas iv sdn 1 lebak
Main Author: | PUTRI, ANDITA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/11500/1/HALAMAN%20JUDUL%20.pdf http://eprints.umk.ac.id/11500/2/BAB%201.pdf http://eprints.umk.ac.id/11500/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/11500/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/11500/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/11500/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/11500/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/11500/8/LAMPIRAN%20fiks-2%20.pdf http://eprints.umk.ac.id/11500/ http://eprints.umk.ac.id |
ctrlnum |
11500 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/11500/</relation><title>Peningkatan hasil belajar siswa melalui model student team achievement division berbantuan media flashcard tema indahnya keberagaman di negeriku pada siswa kelas iv sdn 1 lebak</title><creator>PUTRI, ANDITA</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan keterampilan 
guru dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan 
menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement 
DivisionBerbantuan Media Flashcard tema Indahnya Keberagaman di Negeriku 
pada siswa kelas IV SDN 1 Lebak 
Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang terjadi setelah 
mengalami proses pembelajaran. Model Student Team Achievement 
Division(STAD) adalah model yang menekankan kegiatan berkelompok yang 
bertujuan untuk meningkatkan kegiatan pembeajaran dari beberapa ranah 
diantaranya yaitu kognitif, afektif dan psikomotor.mediaflashcard merupakan 
suatu media yang terdiri dari simbol, gambar yang didesain seperti kartu yang 
digunakan dalam pembelajaran sehingga anak akan mudah mengetahui, 
memahami dan menginggat melalui media flashcard. Hipotesis tindakan dalam 
penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil 
belajar dalam proses pembelajaran tema Indahnya Keberagaman di Negeriku pada 
siswa kelas IV SDN 1 Lebak dengan menerapkan model pembelajaran Student 
Team Achievement Division Berbantuan Media Flashcard. 
Penelitian ini menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Mc. Taggart 
yang terdiri dari empat tahapan dalam setiap siklus diantaranya yaitu perencanaan, 
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus setiap 
siklus ada 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Lebak, 
yang berjumlah 43 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes, obsrvasi, 
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi kuantitatif dan kualitatif. 
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan guru dan hasil 
belajar siswa pada tema Indahnya Keberagaman di Negeriku. Peningkatan 
keterampilan guru pada siklus 1 sebesar 69,23% (Baik) dan pada siklus II 75% 
(Baik). Hasil belajar ranah kognitif siswa pada muatan PPKn meningkat cukup 
signifikan antara siklus 1 (69,77%) dan siklus II (81,40%). Muatan IPS ketuntasan 
klasikal pada siklus 1 72,09% (Baik) dan siklus II 86,04 (Sangat Baik). Hal 
tersebut menunjukkan bukti bahwa penggunaan model pembelajaran Student 
Team Achievement Division Berbantuan Media Flashcarddapat meningkatkan 
hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Lebak. 
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan di 
kelas IV SDN 1 Lebak, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model 
pembelajaran STAD berbantuan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar 
tema Indahnya Keberagaman di Negeriku pada kelas IV SDN 1 Lebak.</description><date>2019</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11500/1/HALAMAN%20JUDUL%20.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11500/2/BAB%201.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11500/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11500/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11500/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11500/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11500/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11500/8/LAMPIRAN%20fiks-2%20.pdf</identifier><identifier> PUTRI, ANDITA (2019) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model student team achievement division berbantuan media flashcard tema indahnya keberagaman di negeriku pada siswa kelas iv sdn 1 lebak. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>11500</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
PUTRI, ANDITA |
title |
Peningkatan hasil belajar siswa melalui model student team achievement division berbantuan media flashcard tema indahnya keberagaman di negeriku pada siswa kelas iv sdn 1 lebak |
publishDate |
2019 |
topic |
Pendidikan (Umum) Teori dan praktek pendidikan |
url |
http://eprints.umk.ac.id/11500/1/HALAMAN%20JUDUL%20.pdf http://eprints.umk.ac.id/11500/2/BAB%201.pdf http://eprints.umk.ac.id/11500/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/11500/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/11500/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/11500/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/11500/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/11500/8/LAMPIRAN%20fiks-2%20.pdf http://eprints.umk.ac.id/11500/ http://eprints.umk.ac.id |
contents |
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan keterampilan
guru dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement
DivisionBerbantuan Media Flashcard tema Indahnya Keberagaman di Negeriku
pada siswa kelas IV SDN 1 Lebak
Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang terjadi setelah
mengalami proses pembelajaran. Model Student Team Achievement
Division(STAD) adalah model yang menekankan kegiatan berkelompok yang
bertujuan untuk meningkatkan kegiatan pembeajaran dari beberapa ranah
diantaranya yaitu kognitif, afektif dan psikomotor.mediaflashcard merupakan
suatu media yang terdiri dari simbol, gambar yang didesain seperti kartu yang
digunakan dalam pembelajaran sehingga anak akan mudah mengetahui,
memahami dan menginggat melalui media flashcard. Hipotesis tindakan dalam
penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil
belajar dalam proses pembelajaran tema Indahnya Keberagaman di Negeriku pada
siswa kelas IV SDN 1 Lebak dengan menerapkan model pembelajaran Student
Team Achievement Division Berbantuan Media Flashcard.
Penelitian ini menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Mc. Taggart
yang terdiri dari empat tahapan dalam setiap siklus diantaranya yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus setiap
siklus ada 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Lebak,
yang berjumlah 43 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes, obsrvasi,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan guru dan hasil
belajar siswa pada tema Indahnya Keberagaman di Negeriku. Peningkatan
keterampilan guru pada siklus 1 sebesar 69,23% (Baik) dan pada siklus II 75%
(Baik). Hasil belajar ranah kognitif siswa pada muatan PPKn meningkat cukup
signifikan antara siklus 1 (69,77%) dan siklus II (81,40%). Muatan IPS ketuntasan
klasikal pada siklus 1 72,09% (Baik) dan siklus II 86,04 (Sangat Baik). Hal
tersebut menunjukkan bukti bahwa penggunaan model pembelajaran Student
Team Achievement Division Berbantuan Media Flashcarddapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Lebak.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan di
kelas IV SDN 1 Lebak, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran STAD berbantuan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar
tema Indahnya Keberagaman di Negeriku pada kelas IV SDN 1 Lebak. |
id |
IOS3090.11500 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2019-09-22T05:11:52Z |
last_indexed |
2019-09-22T05:11:52Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996413550854144 |
score |
17.13294 |