ctrlnum 11380
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/11380/</relation><title>Pengaruh model pembelajaran mind mapping dan think pair share berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas v sekolah dasar</title><creator>DEVITASARI, ALIFFIA ROSI</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang (1) menemukanpengaruh Model Mind Mapping berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V sekolah dasar; (2) menemukan pengaruh Model Think Pare Shareberbasis kearifan lokal terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelasV sekolah dasar; (3)menganalisis perbedaan antara Model Mind Mapping dengan Model Think Pare Shareberbasis kearifan local terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V sekolah dasar.&#xD; Penelitian ini merupakan jenis Eksperimen. Metode yang digunakan eksperimen ini adalahTrue Experimental Design dengan rancangan kelompokPosttest-Only Control Group Design. Sampel yang diambil peneliti adalah tiga kelas yaitu kelas kontrol, kelas ekperimen 01, dan kelas eksperimen 02 dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik angket dan dokumentasi. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan Uji t-test.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Hasil analisis data menyatakan nilai sig.2tailed 0,027 &lt; 0,05, maka Ha diterima; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pengaruh Model Think Pare Share Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Hasil analisis data menyatakan nilai sig.2tailed 0,558 artinya &gt; 0,05 maka pada hipotesis yang ketiga ini h0 diterima. Artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan diantara kedua model pembelajaran tersebut. Terlihat juga dari nilai rata-rata kelas model mind mapping 72,00 dan rata-rata kelas model think pare share 74,00. Melihat nilai rata-rata yang tinggi adalah model think pare share jadi model tersebut lebih berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan narasi</description><date>2019</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11380/1/halaman%20judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11380/2/bab%20satu.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11380/3/bab%20dua.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11380/4/bab%20tiga.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11380/5/bab%20empat.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11380/6/bab%20lima.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11380/7/bab%20enam.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11380/8/daftar%20pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11380/9/TESIS%20PDF-69-121.pdf</identifier><identifier> DEVITASARI, ALIFFIA ROSI (2019) Pengaruh model pembelajaran mind mapping dan think pair share berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas v sekolah dasar. Tesis Magister thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>11380</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author DEVITASARI, ALIFFIA ROSI
title Pengaruh model pembelajaran mind mapping dan think pair share berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas v sekolah dasar
publishDate 2019
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/11380/1/halaman%20judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11380/2/bab%20satu.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11380/3/bab%20dua.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11380/4/bab%20tiga.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11380/5/bab%20empat.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11380/6/bab%20lima.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11380/7/bab%20enam.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11380/8/daftar%20pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11380/9/TESIS%20PDF-69-121.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11380/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang (1) menemukanpengaruh Model Mind Mapping berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V sekolah dasar; (2) menemukan pengaruh Model Think Pare Shareberbasis kearifan lokal terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelasV sekolah dasar; (3)menganalisis perbedaan antara Model Mind Mapping dengan Model Think Pare Shareberbasis kearifan local terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis Eksperimen. Metode yang digunakan eksperimen ini adalahTrue Experimental Design dengan rancangan kelompokPosttest-Only Control Group Design. Sampel yang diambil peneliti adalah tiga kelas yaitu kelas kontrol, kelas ekperimen 01, dan kelas eksperimen 02 dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik angket dan dokumentasi. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan Uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Hasil analisis data menyatakan nilai sig.2tailed 0,027 < 0,05, maka Ha diterima; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pengaruh Model Think Pare Share Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Hasil analisis data menyatakan nilai sig.2tailed 0,558 artinya > 0,05 maka pada hipotesis yang ketiga ini h0 diterima. Artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan diantara kedua model pembelajaran tersebut. Terlihat juga dari nilai rata-rata kelas model mind mapping 72,00 dan rata-rata kelas model think pare share 74,00. Melihat nilai rata-rata yang tinggi adalah model think pare share jadi model tersebut lebih berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan narasi
id IOS3090.11380
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-09-02T22:13:50Z
last_indexed 2019-09-02T22:13:50Z
recordtype dc
_version_ 1765996412819996672
score 17.13294