Pengembangan model problem based learning (pbl) Berbasis teori bruner dalam pembelajaran matematika kelas iv sd
Main Author: | SARI, ENY LISNA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/11366/1/Hal.Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/11366/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/11366/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/11366/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/11366/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/11366/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/11366/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/11366/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/11366/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/11366/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan model Problem Based Learning (PBL) berbasis teori Bruner dalam pembelajaran Matematika kelas IV SD, (2) Mengembangkan model Problem Based Learning (PBL) berbasis teori Bruner dalam pembelajaran matematika kelas IV SD, (3) Menganalisis keefektifan pengembangan model Problem Based Learning (PBL) berbasis teori Bruner dalam pembelajaran Matematika kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Borg and Gall memaparkan sepuluh langkah pelaksaan penelitian. Namun dalam penelitian ini karena ada keterbatasan waktu dan biaya maka peneliti menyederhanakan menjadi 8 langkah, tahap (1) petensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) ujicoba produk; (7) revisi produk; (8) ujicoba pemakaian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di beberapa sekolah di kabupaten Kudus. Uji keabsahan data dilakukan melalui uji ahli dan keefektifan melalui penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran dan keterlibtan siswa dalam pembelajaran masih rendah. Pengorganisasian siswa dalam pemecahan masalah dalam pembelajaran belum mendapatkan minat dari siswa. Hasil pengembangan diperoleh desain pengembangan model meliputi beberapa komponen yaitu sintak, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung dan dampak instruksional. Hasil analisis keefektifan model pembelajaran kelas E1 diperoleh t hitung 11,51 > t tabel 1,68, kelas E2 t hitung 8,32 > t tabel 1,72, dan E3 t hitung 5,99 > t tabel 1,76. Karena hasil ketiga kelas t hitung > t tabel maka terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan model. Jadi model pembelajaran efektif dilaksanakan ditiga kelas eksperimen. Dengan demikian model Problem Based Learning (PBL) berbasis teori Bruner dalam pembelajaran Matematika kelas IV SD efektif diterapkan dalam pembelajaran.