Mengurangi kebiasaan menyontek dalam mengerjakan ulangan harian melalui layanan konseling kelompok teknik behavior contract pada siswa kelas xi ipsma nu ma’arif kudus
Main Author: | BASIR, ABDUL |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/11335/1/Halaman%20Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/11335/2/bab%201.pdf http://eprints.umk.ac.id/11335/3/bab%202.pdf http://eprints.umk.ac.id/11335/4/bab%203.pdf http://eprints.umk.ac.id/11335/5/bab%204.pdf http://eprints.umk.ac.id/11335/6/bab%205.pdf http://eprints.umk.ac.id/11335/7/bab%206.pdf http://eprints.umk.ac.id/11335/8/daftar%20pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/11335/9/lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/11335/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini antara lain : 1. Memperoleh penurunan kebiasaan menyontek ulangan harian melalui layanan konseling kelompok dengan teknik behavior contract pada siswa kelas XI IPS MA NU Ma’arif Kudus tahun pelajaran 2017/2018. 2. Menemukan faktor penyebab kebiasaan menyontek yang dilakukan oleh siswa kelas XI IPS MA NU Ma’arif Kudus tahun pelajaran 2017/2108. Menyontek merupakan perilaku moral yang menunjukkan ketidakjujuran siswa dalam mengerjakan ujian. Perilaku moral yang dilanggar adalah pelanggaran aturan ujian, dimana dalam mengerjakan ujian siswa tidak diperkenankan mengambil atau meniru sumber-sumber informasi eksternal. Pelanggaran ini merupakan bentuk ketidakjujuran. Penerapan teknik Behavior Contract dimaksudkan agar peserta layanan dapat mengubah perilaku yang maladaptif menjadi adaptif. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : 1. Layanan konseling kelompok dengan teknik Behavior Contract diduga dapat mengurangi menyontek dalam mengerjakan ulangan harianpada siswa kelas XIIPS MANU Ma’arif kudus pada tahun pelajaran 2017/2018. 2. Ada penurunan dalam upaya mengurangi menyontek dalam mengerjakan ulangan harianpada siswa kelas XI IPS MA NU Ma’arif kudus pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah, PTBK melalui prosedur konseling kelompok. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap (2 siklus). Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah 7 siswa XI IPS MA NU Ma’arif kudus pada tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistic secara deskriptif