Layanan informasi melalui media animasi untuk meningkatkan kematangan karir peserta didik
Main Author: | NINDYA, NAZULLA NIFTYRA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/11320/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/11320/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/11320/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/11320/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/11320/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/11320/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/11320/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/11320/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/11320/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- informasi media animasi untuk meningkatkan kematangan karir peserta didik kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 1 Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2018/2019, 2. Mendeskripsikan kematangan karir peserta didik kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 1 Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah diberikan layanan informasi melalui media animasi. Mengetahui efektifitas Layanan Informasi Melalui Media Animasi Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Peserta Didik kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 1 Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Kematangan karir merupakan proses dimana individu telah memahami dan mampu memilih keputusan karirnya sebagai bekal masadepan sesuai dengan bakat dan minat dalam dirinya. Untuk mewujudkan kematangan peserta didik peneliti berupaya untuk meningkatkan Kematangan Karir Peserta Didik Melalui Layanan Informasi Media Animasi. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas XII MIPA 3, sebanyak 36 peserta didik yang mempunyai kematangan karir rendah. Analisis data dilakukan dengan teknik mixed method dengan menggabungkan analisis data kuantitatif dengan diperkuat oleh data kualitatif agar diperoleh simpulan penelitian yang lebih kuat. Hasil penelitian kematangan karir peserta didik pada pra siklus memperoleh persentase 45,5% dalam kategori tidak sesuai. Pada siklus I menjadi rata-rata persentase 60%. Dengan kategori ragu-ragu dan mengalami peningkatan siklus II memperoleh rata-rata persentase 90% dalam kategori sesuai. Dengan demikian layanan informasi media animasi meningkatkan kematangan karir peserta didik. Simpulan hasil penelitian ini adalah Terjadi Peningkatan pada Kematangan Karir setelah diberi Layanan Informasi Melalui Media Animasi Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Peserta didik Kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 1 karanganyar Demak dapat diterim, hal ini terbukti kematangan karir siswa mengalami peningkatan sebesar 30% dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian Layanan Informasi Melalui Media AnimasiMeningkatkan Kematangan Karir Peserta Didik. Disarankan kepada: 1. Peserta didik, diharapkan secara sadar mengetahui pentingnya memiliki kematangan karir dalam dirinya. 2. Guru BK, dapat melaksanakan layanan informasi media animasi lanjutan untuk meningkatkan kematangan karir peserta didik. 3. Peneliti, dapat menjadikan penelitian ini sebagai acuan referensi untuk mengembangkan penelitian layanan informasi media animasi untuk meningkatkan kematangan karir peserta didik. 4. Kepala sekolah, dapat memberikan sarana dan prasarana yang mendukung dalam kegiatan bimbingan konseling.