Meningkatkan hubungan sosial antar teman sebaya melalui bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas ix smp 5 kudus
Main Author: | PRIYATNA, RIDHO ALIF |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/11302/1/Halaman%20depan.pdf http://eprints.umk.ac.id/11302/2/BAB%201.pdf http://eprints.umk.ac.id/11302/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/11302/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/11302/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/11302/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/11302/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/11302/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/11302/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan sosial antar teman sebaya melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama di SMP 5 Kudus. Teknik sosiodrama merupakan teknik dalam bimbingan kelompok untuk memecahkan masalah-masalah sosial melalui kegiatan bermain peran. Pemilhan teknik sosiodramadirasa tepat karenadapat melatih ketrampilan–ketrampilan hidup, salah satunya adalah ketrampilan untuk meningkatkan meningkatkan hubungan sosial pada teman di sekolah. Sedangkan bimbingan kelompok merupakan suatu kegiatan kelompok yang berinteraksi, saling mengeluarkan pendapat, memberikan tanggapan, saran, dan sebagainya, dimana pemimpin kelompok menyediakan informasi-informasi yang bermanfaat agar dapat membantu individu mencapai perkembangan yang optimal. Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling ini akan dilaksanakan di SMP 5 Kudus dengan subjek penelitian 8 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan 2 pertemuan di setiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama sedangkan variabel terikatnya yaitu hubungan sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif.