ctrlnum 11266
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/11266/</relation><title>Penerapan model teams games tournament (tgt) berbantuan media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswatema ekosistem kelas v sdn &#xD; Dengkek 01 pati</title><creator>WIJAYANTI, EKA</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar dengan menggunakan model Time Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan ular tangga dan menemukan adanya peningkatkan hasil belajar siswa tema ekosistem kelas V SDN Dengkek 01 Pati.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN Dengkek 01 Pati dengan subjek penelitian guru dan 39 siswa. Penelitian ini berlangsung pada dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Time Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan ular tangga, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar hasil belajar siswa tema ekosistem kelas V SDN Dengkek 01 Pati. Instrument penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru. Pada siklus I menunjukkan skor sebesar 71% dengan kriteria baik dan pada siklus II menjadi 81% dengan kriteria baik. Terjadi juga peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I skor 68% dengan kriteria baik dan siklus II skor 72% dengan kriteria baik. Selain itu juga terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II yang meliputi dari hasil belajar aspek pengetahuan pada siklus I 68% dan siklus II 79%. Sedangkan hasil belajar aspek keterampilan pada siklus I 67% dan siklus II 72%. Hasil belajar aspek sikap pada siklus I 65% dan siklus II 70%.&#xD; Simpulan dalam penelitian ini yaitu terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Dengkek 01 Pati dengan menggunakan Model Teams Games Tournament (TGT)Berbantuan Media Permainan Ular Tangga. Sedangkan saran yang diberikan adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran Model Teams Games Tournament (TGT)Berbantuan Media Permainan Ular Tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa.</description><date>2019</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11266/1/Halaman%20sampul%20sampai%20daftar%20lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11266/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11266/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11266/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11266/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11266/6/Bab%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11266/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11266/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11266/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> WIJAYANTI, EKA (2019) Penerapan model teams games tournament (tgt) berbantuan media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswatema ekosistem kelas v sdn Dengkek 01 pati. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>11266</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author WIJAYANTI, EKA
title Penerapan model teams games tournament (tgt) berbantuan media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswatema ekosistem kelas v sdn Dengkek 01 pati
publishDate 2019
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/11266/1/Halaman%20sampul%20sampai%20daftar%20lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11266/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11266/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11266/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11266/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11266/6/Bab%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11266/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11266/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11266/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11266/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar dengan menggunakan model Time Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan ular tangga dan menemukan adanya peningkatkan hasil belajar siswa tema ekosistem kelas V SDN Dengkek 01 Pati. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN Dengkek 01 Pati dengan subjek penelitian guru dan 39 siswa. Penelitian ini berlangsung pada dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Time Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan ular tangga, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar hasil belajar siswa tema ekosistem kelas V SDN Dengkek 01 Pati. Instrument penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru. Pada siklus I menunjukkan skor sebesar 71% dengan kriteria baik dan pada siklus II menjadi 81% dengan kriteria baik. Terjadi juga peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I skor 68% dengan kriteria baik dan siklus II skor 72% dengan kriteria baik. Selain itu juga terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II yang meliputi dari hasil belajar aspek pengetahuan pada siklus I 68% dan siklus II 79%. Sedangkan hasil belajar aspek keterampilan pada siklus I 67% dan siklus II 72%. Hasil belajar aspek sikap pada siklus I 65% dan siklus II 70%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Dengkek 01 Pati dengan menggunakan Model Teams Games Tournament (TGT)Berbantuan Media Permainan Ular Tangga. Sedangkan saran yang diberikan adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran Model Teams Games Tournament (TGT)Berbantuan Media Permainan Ular Tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
id IOS3090.11266
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-09-02T22:13:47Z
last_indexed 2019-09-02T22:13:47Z
recordtype dc
_version_ 1765996412117450752
score 17.13294