Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa, peningkatan aktivitas siswa dan menemukan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan diterapkannya model Time Token berbantuan kartu misteri pada tema kayanya negeriku muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Model Time Token adalah model pembelajaran yang menekankan pada keaktifan siswa yang menuntut semua siswa untuk aktif dan berkontribusi dalam proses pembelajaran. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa baik sikap, pengetahuan dan keterampilan yang semuanya diperoleh melalui proses belajar. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar, aktivitas siswa dan peningkatan keterampilan guru melalui model time token berbantuan kartu misteri. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 1 Kendengsidialit dengan subjek penelitia 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran time token. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS dan Bahasa Indonesia. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I hasil belajar ranah pengetahuan rata-rata dari kedua muatan ketuntasan klasikal 69,5% (tinggi) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 76,1 pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 86,9% (sangat tinggi) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 83. Hasil aktivitas siswa pada siklus I sebesar 76,6% (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 87,1% (sangat baik). Hasil belajar ranah keterampilan NAKD rata-rata kedua muatan pada siklus I sebesar 75,5% (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85,5% (sangat baik). Keterampilan guru siklus I sebesar 82,5% (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 88,75% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model time token berbantuan kartu misteri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema kayanya negeriku di kelas IV SD Negeri 1 kendengsidialit. Adapun saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menggunakan model time token berbantuan kartu misteri sebagai soulsi untuk meningkatkan hasil belajar