ctrlnum 11240
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/11240/</relation><title>Peningkatan kedisiplinan berseragammelalui layanan bimbingan kelompok teknik live model pada siswa kelas x gambar bangunan 2 smk negeri 2 pati</title><creator>DARMAYANTI, IKA</creator><subject>Konsultas dan konseling pendidikan</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik live model untuk meningkatkan kedisiplinan berseragam pada siswa kelas X Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. 2. Mendeskripsikan kedisiplinan berseragam pada siswa kelas X Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pati sebelum dan setelah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik live model.&#xD; Kedisiplinan berseragam merupakan kondisi siswa kelas X Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pati yang selalu mengenakan seragam dan atribut sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh SMK Negeri 2 Pati. Penggunaan seragam dan atribut yang sesuai yaitu pada hari Senin-Selasa; mengenakan seragam OSIS, Rabu menggunakan seragam hitam sebagai seragam identitas SMK Negeri 2 Pati dan Kamis menggunakan seragam Pramuka. Hari Jum&#x2019;at menggunakan seragam batik. Layanan bimbingan kelompok teknik live model merupakan layanan dalam bimbingan dan konseling yang membantu siswa (anggota kelompok) dalam pencegahan masalah, pemeliharaan nilai-nilai atau pengembangan keterampilan hidup yang dibutuhkan, dalam hal ini adalah kedisiplinan berseragam.&#xD; Jenis penelitian adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X Gambar Bangunan SMK 2 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 9 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik mixedmethoddengan menggabungkan analisis data kuantitatif dengan diperkuat dengan data kualitatif agar diperoleh simpulan penelitian yang lebih kuat.&#xD; Hasil penelitian diketahui kedisiplinan berseragam pada pra siklus sebesar 19,11 (38%) kategori (kurang). Setelah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik live modelpadasiklus I kedisiplinan berseragam meningkat, diketahui pada pertemuan pertama diperoleh skor 22,44 (45%) kategori (kurang), pertemuan kedua memperoleh skor 25,11 (50%) kategori Cukup), pertemuan ketiga diketahui memperoleh skor 27,44 (55%) kategori (Cukup). Siklus II pertemuan pertama kedisiplinan berseragam diketahui memperoleh skor 31,89 (64%) kategori (cukup), pertemuan kedua diketahui memperoleh skor 35,67 (71%) kategori (baik), pertemuan ketiga diketahui memperoleh skor 39,56 (79%) kategori (baik).&#xD; Kesimpulan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu: 1. Peneliti berhasil menerapkan layanan bimbingan kelompok teknik live model untuk meningkatkan kedisiplinan berseragam pada siswa kelas X Gambar Bangunan 2 SMK 2 Pati. Hal tersebut berdasarkan hasil pengamatan kolaboraotr pada siklus I peneliti mendapatkan skor 57% kategori (Cukup), pada siklus II penerapan layanan bimbingan kelompok teknik live model mendapatkan skor 86% kategori (Sangat Baik). 2. Kedisiplinan berseragam siswa kelas X Gambar Bangunan 2 SMK 2 Pati diketahui telah meningkat. Hal tersebut diketahui dari pengamatan peneliti pada pra siklus siswa memperoleh skor 36% kategori (Kurang), pada siklus I meningkat menjadi 55% kategori (Cukup), pada siklus II meningkat menjadi 79% kategori (Baik). Saran yang disampaikan peneliti kepada pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Siswa: Siswa hendaknya mengenakan seragam sekolah yang telah ditetapkan oleh sekolah dengan baik dan rapi. Karena dengan mengenakan seragam sekolah dengan baik dan rapi maka mencerminkan penanaman karakter yang baik pada setiap siswa. 2. Guru Bimbingan dan Konseling: Guru bimbingan dan konseling hendaknya menggunakan hasil penelitian sebagai acuan dalam penerapan layanan bimbingan kelompok teknik live model dalam membantu mengentaskan permasalahan siswa di SMK Negeri 2 Pati. Khusunya dalam membantu siswa yang belum mampu disiplin dalam berbagai aspek. 3. Kepala Sekolah: Kepala sekolah hendaknya menjadikan hasil penelitian sebagai acuan dalam mengoptimalkan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMK Negeri 2 Pati. Agar perkembangan peserta didik dapat diarahkan menjadi lebih baik lagi.</description><date>2018</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11240/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11240/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11240/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11240/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11240/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11240/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11240/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11240/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11240/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> DARMAYANTI, IKA (2018) Peningkatan kedisiplinan berseragammelalui layanan bimbingan kelompok teknik live model pada siswa kelas x gambar bangunan 2 smk negeri 2 pati. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>11240</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author DARMAYANTI, IKA
title Peningkatan kedisiplinan berseragammelalui layanan bimbingan kelompok teknik live model pada siswa kelas x gambar bangunan 2 smk negeri 2 pati
publishDate 2018
topic Konsultas dan konseling pendidikan
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/11240/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11240/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11240/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11240/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11240/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11240/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11240/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11240/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11240/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11240/
http://eprints.umk.ac.id
contents Tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik live model untuk meningkatkan kedisiplinan berseragam pada siswa kelas X Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. 2. Mendeskripsikan kedisiplinan berseragam pada siswa kelas X Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pati sebelum dan setelah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik live model. Kedisiplinan berseragam merupakan kondisi siswa kelas X Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pati yang selalu mengenakan seragam dan atribut sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh SMK Negeri 2 Pati. Penggunaan seragam dan atribut yang sesuai yaitu pada hari Senin-Selasa; mengenakan seragam OSIS, Rabu menggunakan seragam hitam sebagai seragam identitas SMK Negeri 2 Pati dan Kamis menggunakan seragam Pramuka. Hari Jum’at menggunakan seragam batik. Layanan bimbingan kelompok teknik live model merupakan layanan dalam bimbingan dan konseling yang membantu siswa (anggota kelompok) dalam pencegahan masalah, pemeliharaan nilai-nilai atau pengembangan keterampilan hidup yang dibutuhkan, dalam hal ini adalah kedisiplinan berseragam. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X Gambar Bangunan SMK 2 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 9 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik mixedmethoddengan menggabungkan analisis data kuantitatif dengan diperkuat dengan data kualitatif agar diperoleh simpulan penelitian yang lebih kuat. Hasil penelitian diketahui kedisiplinan berseragam pada pra siklus sebesar 19,11 (38%) kategori (kurang). Setelah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik live modelpadasiklus I kedisiplinan berseragam meningkat, diketahui pada pertemuan pertama diperoleh skor 22,44 (45%) kategori (kurang), pertemuan kedua memperoleh skor 25,11 (50%) kategori Cukup), pertemuan ketiga diketahui memperoleh skor 27,44 (55%) kategori (Cukup). Siklus II pertemuan pertama kedisiplinan berseragam diketahui memperoleh skor 31,89 (64%) kategori (cukup), pertemuan kedua diketahui memperoleh skor 35,67 (71%) kategori (baik), pertemuan ketiga diketahui memperoleh skor 39,56 (79%) kategori (baik). Kesimpulan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu: 1. Peneliti berhasil menerapkan layanan bimbingan kelompok teknik live model untuk meningkatkan kedisiplinan berseragam pada siswa kelas X Gambar Bangunan 2 SMK 2 Pati. Hal tersebut berdasarkan hasil pengamatan kolaboraotr pada siklus I peneliti mendapatkan skor 57% kategori (Cukup), pada siklus II penerapan layanan bimbingan kelompok teknik live model mendapatkan skor 86% kategori (Sangat Baik). 2. Kedisiplinan berseragam siswa kelas X Gambar Bangunan 2 SMK 2 Pati diketahui telah meningkat. Hal tersebut diketahui dari pengamatan peneliti pada pra siklus siswa memperoleh skor 36% kategori (Kurang), pada siklus I meningkat menjadi 55% kategori (Cukup), pada siklus II meningkat menjadi 79% kategori (Baik). Saran yang disampaikan peneliti kepada pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Siswa: Siswa hendaknya mengenakan seragam sekolah yang telah ditetapkan oleh sekolah dengan baik dan rapi. Karena dengan mengenakan seragam sekolah dengan baik dan rapi maka mencerminkan penanaman karakter yang baik pada setiap siswa. 2. Guru Bimbingan dan Konseling: Guru bimbingan dan konseling hendaknya menggunakan hasil penelitian sebagai acuan dalam penerapan layanan bimbingan kelompok teknik live model dalam membantu mengentaskan permasalahan siswa di SMK Negeri 2 Pati. Khusunya dalam membantu siswa yang belum mampu disiplin dalam berbagai aspek. 3. Kepala Sekolah: Kepala sekolah hendaknya menjadikan hasil penelitian sebagai acuan dalam mengoptimalkan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMK Negeri 2 Pati. Agar perkembangan peserta didik dapat diarahkan menjadi lebih baik lagi.
id IOS3090.11240
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-09-02T22:13:46Z
last_indexed 2019-09-02T22:13:46Z
recordtype dc
_version_ 1765996411785052160
score 17.13294